Sabtu, 28 May 2022
Radar Kediri
Home / PERSEDIKAB
icon featured
PERSEDIKAB

Gelontor Rp 9 M, Lampu CB Setara Manahan

22 November 2021, 10: 30: 28 WIB | editor : Adi Nugroho

Gelontor Rp 9 M, Lampu CB Setara Manahan

MAKIN TERANG : Stadion Canda Bhirawa yang menjadi kandang dari Persedikab Kediri. Pemkab mulai melakukan pemasangan lampu stadion (Iqbal Syahroni - radar kediri)

Share this      

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Stadion Canda Bhirawa (CB) Pare mulai bersolek. Pemkab Kediri menggelontorkan anggaran sekitar 9 miliar untuk pemasangan empat lampu stadion. Dengan pencahayaan sebesar 1.200 lux, lampu Stadion CB setara dengan Stadion Manahan, Solo.

          Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, pemasangan lampu tersebut bisa bertahan hingga 20 tahun. Karena itulah, Persedikab dapat menggunakannya dalam beberapa musim ke depan. “Kami rencanakan jangka panjang,” kata Dhito.

          Dia menjelaskan, dana yang digelontorkan oleh Pemkab Kediri itu mencapai Rp 9 M. Angka tersebut sudah direncanakan jauh-jauh hari. Setelah ini, warga Kabupaten Kediri bisa menikmati pertandingan Persedikab di malam hari.

Baca juga: Unggul Tipis, Bledug Kelud Puncaki Klasemen

          Dhito menambahkan, pemasangan lampu stadion direncanakan selesai awal 2022. Dengan target waktu tersebut, stadion dapat digunakan klub kebanggaan warga Kabupaten Kediri itu di Liga 3. Atau jika Persedikab promosi, mereka bisa memaikainya untuk kompetisi Liga 2 dan Liga 1.

          Sementara itu, Manajer Tim Persedikab Denta Ardiratna mengatakan, lampu yang dimiliki Stadion CB itu bisa setara Stadion Manahan. Bahkan, penerangannya juga mendekati Stadio Gelora Bung Tomo (GBT). Seperti diketahui, dua stadion tersebut merupakan venue untuk pertandingan Piala Dunia U-20. “Kami bisa bilang pencahayaan setara dua stadion besar di Indonesia,” ucapnya.

          Hingga kemarin, di Stadion Canda Bhirawa juga masih belum ada penunjang stadion berupa lampu. Makanya hingga kemarin Bledug Kelud juga melakoni grup A di Stadion Brawijaya, Kota Kediri. Karena salah satu syaratnya adalah ada lampu untuk pertandingan di malam hari.

Pembangunan lampu itu memang masih dalam tahap pembuatan fondasi. Dari pantauan Jawa Pos Radar Kediri, hingga kemarin, di bagian utara yang  sudah terbangun fondasinya. Sedangkan tiga sisi lainnya masih penggalian. "Masih terus dilakukan proses penggarapan," ujar Media Officer Persedikab Kediri Dimas Andhika.

Selain lampu, kata Dimas, rencana untuk peremajaan rumput hingga pembangunan di sekitar stadion juga akan dilakukan. "Puluhan tahun, dengan adanya pembangunan dalam beberapa waktu ini juga sangat bersyukur. Bisa membantu kemajuan klub," terang Dimas. (syi/baz)

(rk/syi/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia