25 C
Kediri
Saturday, October 1, 2022

Mengenal Nota Penjualan, Manfaat dan Cara Mudah Membuatnya

- Advertisement -

Nota penjualan adalah sebuah dokumen tertulis yang digunakan dalam urusan pembelian maupun penjualan dalam sebuah transaksi perdagangan. Nota atau struk sendiri banyak dijumpai saat Anda melakukan transaksi di toko, baik toko buku, swalayan, kedai kopi, sampai pesan antar makanan online. Maka dari itu, penggunaan nota penjualan ada di mana saja sehingga banyak jenisnya.

Nota atau struk termasuk salah satu bukti transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli. Sementara itu, struk pembelian sendiri dibuat oleh penjual sesudah menerima bahan baku yang diperoleh dari pihak pemasok atau supplier. Simaklah ulasannya pada artikel ini!

Apa itu nota penjualan?

Pada dasarnya, nota penjualan atau resi merupakan bukti atas sebuah pembelian barang yang dilakukan secara tunai dan diberikan oleh penjual kepada pembelinya. Biasanya, nota penjualan terdiri dari dua rangkap. Rangkap pertama diberikan kepada pembeli sedangkan satunya disimpan oleh penjual sebagai dokumen untuk keperluan pembukuan.

Dilihat dari fungsinya, resi memang sangat penting karena memiliki fungsi sebagai dokumen yang dimasukkan dalam pembukuan keuangan. Hal ini berarti bahwa resi, dikumpulkan dan dikelola sebagai dokumentasi bahwa sejumlah transaksi telah dilaksanakan.

- Advertisement -

Di sisi lain, nota toko juga bisa digunakan untuk mengecek dan membantu pembuat laporan bila ada kesalahan pada saat membuat laporan penjualan. Oleh sebab itu, penjual wajib menyimpan resi tersebut untuk keperluan pembukuan keuangan perusahaan.

3 Manfaat Nota Penjualan

Nota penjualan/struk mempunyai banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam pembuatan laporan keuangan Anda.

  1. Sebagai bukti pembayaran

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan adalah fungsi struk sebagai bukti pembayaran yang mencantumkan informasi mengenai banyak hal dalam transaksi.

Dalam sebuah struk, informasi-informasi penting yang dibutuhkan oleh penjual ataupun pembeli. Informasi-informasi penting tersebut bisa berupa apa saja barang atau jasa serta berapa banyak jumlahnya yang telah dibeli oleh konsumen dan harga yang ditagihkan pada mereka.

  1. Referensi pihak lain

Tidak hanya itu, sebuah kertas resi penjualan bisa menjadi bahan referensi kepada pihak lain berkaitan dengan barang atau jasa yang telah dipakai oleh konsumen.

  1. Sebagai bukti transaksi

Selain itu, struk juga bisa menjadi bukti untuk dikoreksi apabila ada kesalahan dalam pembelian atau penerimaan barang yang terjadi pada konsumen. Oleh sebab itu, sangat disarankan jika struk disimpan dengan baik dan rapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, struk bisa digunakan sebagai dokumen dalam proses pembukuan keuangan dan bisa dijadikan sebagai bahan referensi pada kasus-kasus tertentu.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam membuat laporan keuangan. Anda bisa langsung tahu apabila ada rekayasa laporan keuangan ketika tidak ada struk yang mendampinginya.

 

Cara membuat nota penjualan

  1. Menggunakan buku nota manual

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuatnya sendiri dengan menulisnya. Cara konvensional ini bisa Anda lakukan dengan hanya membutuhkan kertas kwitansi dan mengisinya dengan beragam informasi-informasi sesuai dengan kolom-kolom yang ada.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat kwitansi penjualan tanpa kertas kwitansi dengan membuat kolom-kolom seperti yang ada pada kwitansi penjualan di atas kertas kosong.

  1. Menggunakan contoh nota

Cara kedua, Anda bisa menggunakan contoh nota penjualan seperti dibawah ini yang bisa Anda print/cetak lalu diperbanyak dengan fotokopi.

  1. Menggunakan aplikasi/software

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk membuat kwitansi adalah dengan menggunakan software akuntansi. Nota toko bisa Anda buat dengan cepat dan akurat sebab semua informasinya telah terisi secara otomatis dan bisa Anda gunakan kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga :   Ini Rahasia Jaga Durabilitas Skutik Maxi Yamaha

Selain itu, dengan software akuntansi, Anda tidak perlu melakukan perhitungan manual karena software tersebut sudah melakukan penghitungan secara otomatis. Nota memang sering digunakan di banyak tempat. Anda sendiri pasti pernah menerimanya.

Jika dalam suatu keadaan Anda perlu membuat sebuah nota, ada baiknya Anda mengikuti langkah-langkah untuk membuat nota seperti yang tercantum di atas. Dengan demikian, pastinya Anda bisa mengontrol dan mengelola laporan keuangan bagi usaha yang Anda buka dengan baik, sistematis, dan runut.

Rekomendasi Aplikasi Nota Online Pembayaran Terbaik

Aplikasi nota online pembayaran tentu akan membuat aktifitas transaksi menjadi lebih mudah, cepat dan praktis. Nota pembayaran atau invoice biasanya akan diminta oleh customer sebagai bukti pembelian. Sehingga sebagai pemilik bisnis aplikasi nota online ini akan sangat berguna. Berikut daftar 8 aplikasi nota online terbaik:

  1. Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari adalah jawaban bagi Anda yang menginginkan kemudahan operasional bisnis bagi para peritel.

Didesain oleh tim yang berpengalaman selama lebih dari 20 tahun, perangkat lunak ini sangat sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja. Tingkatkan kinerja, produktivitas dan profitabilitas perusahaan Anda dengan pembuatan nota kontan yang lebih simpel lewat aplikasi nota online Jurnal by Mekari.

Jurnal.id merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi dan aplikasi nota online ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Dengan demikian sistem akuntansi dan aplikasi nota online by Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, aplikasi nota online oleh  Jurnal.id memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan aplikasi nota online by Jurnal.id, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi nota online Jurnal selama 14 hari.

  1. Simple Invoice Manager – Invoice Estimate Receipt

Rekomendasi aplikasi nota online yang pertama adalah Simple Invoice Manager. Aplikasi ini dilengkapi oleh beberapa fitur yang pasti akan mempermudah kegiatan bisnis Anda. Telah digunakan oleh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia dan memiliki rating 4.6/5.0 di Google Play Store. Aplikasi ini memiliki user interface yang sederhana dan mudah digunakan. Kelebihan lainnya adalah kamu bisa memilih salah satu dari template invoice. Kamu bisa mengedit template dengan menambahkan logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan serta informasi penting lainnya. Hal ini dapat menunjukan bisnismu dikelola secara profesional. Anda dapat mendownloadnya disini.

  1. Invoice Maker – Receipt Maker and Billing App
Baca Juga :  Dorong Ekosistem Ultra Mikro, Agen Ini Bantu Sediakan Layanan Keuangan

Aplikasi nota online Invoice Maker sangat ringan hanya berukuran 6.1 MB. Walaupun kecil, tetapi aplikasi ini cukup powerful untuk membuat kwitansi online. Kamu bisa membuat invoice dengan mudah dan cepat dalam berbagai macam mata uang. Selain itu kamu bisa memilih template invoice yang ingin digunakan dengan menambahkan logo perusahaan dan tanda tangan. Invoice yang telah dibuat juga bisa disimpan atau langsung dibagikan kepada customer.

  1. Free Invoice Maker App

Aplikasi nota online Free Invoice Maker App sangat cocok untukmu yang ingin menyimpan segala informasi transaksi dengan mudah. Aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari 500 ribu orang dan mendapatkan rating 4.7/5.0 ini bisa digunakan untuk membuat invoice secara profesional. Fitur unggulan lainnya adalah kamu bisa langsung memasukkan tanda tangan customer di aplikasi secara digital. Bahkan kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan customer melalui aplikasi ini.

  1. Invoice, Finance, Accounting Free – Paper.id

Salah satu aplikasi nota online terbaik di Indonesia yaitu Paper.id Invoice, Finance, Accounting Free. Bukan hanya untuk mencetak invoice secara online, tetapi kamu bisa menggunakan semua fitur yang ada untuk mengelola bisnis. Aplikasi ini juga menjamin keamanan data dari penggunanya. Kamu akan mendapatkan laporan keuangan secara otomatis. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembayaran  dengan berbagai metode yang terpercaya.

  1. Invoice Maker – Estimate, Invoice and Receipt App

Invoice Maker dari SpeedInvoice adalah salah satu aplikasi invoice dan kwitansi gratis terbaik di dunia. Aplikasi ini sangat ringan hanya berukuran 5.7 MB dan telah digunakan oleh lebih dari 500 ribu orang di seluruh dunia. Karena fitur dan keunggulannya, aplikasi ini telah mendapatkan rating 4.9/5.0 di Google Play Store. Kelebihan aplikasi ini adalah kamu bisa membuat dan mencetak invoice dengan template profesional serta menambahkan foto sebagai background invoice. Software kwitansi gratis ini saling terintegrasi untuk setiap perangkat menggunakan satu akun. Bahkan kamu juga bisa menambahkan foto barang di dalam invoice.

  1. Billing App

Aplikasi Billing App juga mendapatkan rating 4.9/5.0 di Google Play Store dan telah didownload oleh lebih dari seribu orang. Aplikasi nota online ini dapat kamu gunakan di berbagai perangkat sekaligus tanpa batasan. Kamu juga bisa mendapatkan penyimpanan gratis serta tidak perlu adanya back up untuk menjaga keamanan data. Kamu juga bisa mencetak invoice yang memuat informasi secara detail, termasuk prosentase pajak.

  1. Invoiz – Smart Digital Receipts

Ingin membuat invoice profesional tanpa mencetaknya? Gunakan aplikasi kwitansi Invoiz. Software kwitansi gratis full ini sangat ringan yaitu 8.8 MB sehingga tidak akan membebani memori ponsel. Aplikasi nota online dari Invoiz menggunakan sistem penyimpanan cloud, sehingga tidak perlu khawatir lupa menyimpan invoice atau bahkan hilang. Kamu bisa mengelompokan invoice sesuai dengan kategorinya di setiap folder. Aplikasi ini juga terdapat fitur expense tracker sehingga pengeluaranmu bisa dilihat dengan jelas.

- Advertisement -

Nota penjualan adalah sebuah dokumen tertulis yang digunakan dalam urusan pembelian maupun penjualan dalam sebuah transaksi perdagangan. Nota atau struk sendiri banyak dijumpai saat Anda melakukan transaksi di toko, baik toko buku, swalayan, kedai kopi, sampai pesan antar makanan online. Maka dari itu, penggunaan nota penjualan ada di mana saja sehingga banyak jenisnya.

Nota atau struk termasuk salah satu bukti transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli. Sementara itu, struk pembelian sendiri dibuat oleh penjual sesudah menerima bahan baku yang diperoleh dari pihak pemasok atau supplier. Simaklah ulasannya pada artikel ini!

Apa itu nota penjualan?

Pada dasarnya, nota penjualan atau resi merupakan bukti atas sebuah pembelian barang yang dilakukan secara tunai dan diberikan oleh penjual kepada pembelinya. Biasanya, nota penjualan terdiri dari dua rangkap. Rangkap pertama diberikan kepada pembeli sedangkan satunya disimpan oleh penjual sebagai dokumen untuk keperluan pembukuan.

Dilihat dari fungsinya, resi memang sangat penting karena memiliki fungsi sebagai dokumen yang dimasukkan dalam pembukuan keuangan. Hal ini berarti bahwa resi, dikumpulkan dan dikelola sebagai dokumentasi bahwa sejumlah transaksi telah dilaksanakan.

Di sisi lain, nota toko juga bisa digunakan untuk mengecek dan membantu pembuat laporan bila ada kesalahan pada saat membuat laporan penjualan. Oleh sebab itu, penjual wajib menyimpan resi tersebut untuk keperluan pembukuan keuangan perusahaan.

3 Manfaat Nota Penjualan

Nota penjualan/struk mempunyai banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam pembuatan laporan keuangan Anda.

  1. Sebagai bukti pembayaran

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan adalah fungsi struk sebagai bukti pembayaran yang mencantumkan informasi mengenai banyak hal dalam transaksi.

Dalam sebuah struk, informasi-informasi penting yang dibutuhkan oleh penjual ataupun pembeli. Informasi-informasi penting tersebut bisa berupa apa saja barang atau jasa serta berapa banyak jumlahnya yang telah dibeli oleh konsumen dan harga yang ditagihkan pada mereka.

  1. Referensi pihak lain

Tidak hanya itu, sebuah kertas resi penjualan bisa menjadi bahan referensi kepada pihak lain berkaitan dengan barang atau jasa yang telah dipakai oleh konsumen.

  1. Sebagai bukti transaksi

Selain itu, struk juga bisa menjadi bukti untuk dikoreksi apabila ada kesalahan dalam pembelian atau penerimaan barang yang terjadi pada konsumen. Oleh sebab itu, sangat disarankan jika struk disimpan dengan baik dan rapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, struk bisa digunakan sebagai dokumen dalam proses pembukuan keuangan dan bisa dijadikan sebagai bahan referensi pada kasus-kasus tertentu.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam membuat laporan keuangan. Anda bisa langsung tahu apabila ada rekayasa laporan keuangan ketika tidak ada struk yang mendampinginya.

 

Cara membuat nota penjualan

  1. Menggunakan buku nota manual

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuatnya sendiri dengan menulisnya. Cara konvensional ini bisa Anda lakukan dengan hanya membutuhkan kertas kwitansi dan mengisinya dengan beragam informasi-informasi sesuai dengan kolom-kolom yang ada.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat kwitansi penjualan tanpa kertas kwitansi dengan membuat kolom-kolom seperti yang ada pada kwitansi penjualan di atas kertas kosong.

  1. Menggunakan contoh nota

Cara kedua, Anda bisa menggunakan contoh nota penjualan seperti dibawah ini yang bisa Anda print/cetak lalu diperbanyak dengan fotokopi.

  1. Menggunakan aplikasi/software

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk membuat kwitansi adalah dengan menggunakan software akuntansi. Nota toko bisa Anda buat dengan cepat dan akurat sebab semua informasinya telah terisi secara otomatis dan bisa Anda gunakan kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga :  Minuman Tradisional “Rully”

Selain itu, dengan software akuntansi, Anda tidak perlu melakukan perhitungan manual karena software tersebut sudah melakukan penghitungan secara otomatis. Nota memang sering digunakan di banyak tempat. Anda sendiri pasti pernah menerimanya.

Jika dalam suatu keadaan Anda perlu membuat sebuah nota, ada baiknya Anda mengikuti langkah-langkah untuk membuat nota seperti yang tercantum di atas. Dengan demikian, pastinya Anda bisa mengontrol dan mengelola laporan keuangan bagi usaha yang Anda buka dengan baik, sistematis, dan runut.

Rekomendasi Aplikasi Nota Online Pembayaran Terbaik

Aplikasi nota online pembayaran tentu akan membuat aktifitas transaksi menjadi lebih mudah, cepat dan praktis. Nota pembayaran atau invoice biasanya akan diminta oleh customer sebagai bukti pembelian. Sehingga sebagai pemilik bisnis aplikasi nota online ini akan sangat berguna. Berikut daftar 8 aplikasi nota online terbaik:

  1. Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari adalah jawaban bagi Anda yang menginginkan kemudahan operasional bisnis bagi para peritel.

Didesain oleh tim yang berpengalaman selama lebih dari 20 tahun, perangkat lunak ini sangat sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja. Tingkatkan kinerja, produktivitas dan profitabilitas perusahaan Anda dengan pembuatan nota kontan yang lebih simpel lewat aplikasi nota online Jurnal by Mekari.

Jurnal.id merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi dan aplikasi nota online ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Dengan demikian sistem akuntansi dan aplikasi nota online by Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, aplikasi nota online oleh  Jurnal.id memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan aplikasi nota online by Jurnal.id, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi nota online Jurnal selama 14 hari.

  1. Simple Invoice Manager – Invoice Estimate Receipt

Rekomendasi aplikasi nota online yang pertama adalah Simple Invoice Manager. Aplikasi ini dilengkapi oleh beberapa fitur yang pasti akan mempermudah kegiatan bisnis Anda. Telah digunakan oleh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia dan memiliki rating 4.6/5.0 di Google Play Store. Aplikasi ini memiliki user interface yang sederhana dan mudah digunakan. Kelebihan lainnya adalah kamu bisa memilih salah satu dari template invoice. Kamu bisa mengedit template dengan menambahkan logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan serta informasi penting lainnya. Hal ini dapat menunjukan bisnismu dikelola secara profesional. Anda dapat mendownloadnya disini.

  1. Invoice Maker – Receipt Maker and Billing App
Baca Juga :  Berdayakan Pengusaha Perempuan

Aplikasi nota online Invoice Maker sangat ringan hanya berukuran 6.1 MB. Walaupun kecil, tetapi aplikasi ini cukup powerful untuk membuat kwitansi online. Kamu bisa membuat invoice dengan mudah dan cepat dalam berbagai macam mata uang. Selain itu kamu bisa memilih template invoice yang ingin digunakan dengan menambahkan logo perusahaan dan tanda tangan. Invoice yang telah dibuat juga bisa disimpan atau langsung dibagikan kepada customer.

  1. Free Invoice Maker App

Aplikasi nota online Free Invoice Maker App sangat cocok untukmu yang ingin menyimpan segala informasi transaksi dengan mudah. Aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari 500 ribu orang dan mendapatkan rating 4.7/5.0 ini bisa digunakan untuk membuat invoice secara profesional. Fitur unggulan lainnya adalah kamu bisa langsung memasukkan tanda tangan customer di aplikasi secara digital. Bahkan kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan customer melalui aplikasi ini.

  1. Invoice, Finance, Accounting Free – Paper.id

Salah satu aplikasi nota online terbaik di Indonesia yaitu Paper.id Invoice, Finance, Accounting Free. Bukan hanya untuk mencetak invoice secara online, tetapi kamu bisa menggunakan semua fitur yang ada untuk mengelola bisnis. Aplikasi ini juga menjamin keamanan data dari penggunanya. Kamu akan mendapatkan laporan keuangan secara otomatis. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembayaran  dengan berbagai metode yang terpercaya.

  1. Invoice Maker – Estimate, Invoice and Receipt App

Invoice Maker dari SpeedInvoice adalah salah satu aplikasi invoice dan kwitansi gratis terbaik di dunia. Aplikasi ini sangat ringan hanya berukuran 5.7 MB dan telah digunakan oleh lebih dari 500 ribu orang di seluruh dunia. Karena fitur dan keunggulannya, aplikasi ini telah mendapatkan rating 4.9/5.0 di Google Play Store. Kelebihan aplikasi ini adalah kamu bisa membuat dan mencetak invoice dengan template profesional serta menambahkan foto sebagai background invoice. Software kwitansi gratis ini saling terintegrasi untuk setiap perangkat menggunakan satu akun. Bahkan kamu juga bisa menambahkan foto barang di dalam invoice.

  1. Billing App

Aplikasi Billing App juga mendapatkan rating 4.9/5.0 di Google Play Store dan telah didownload oleh lebih dari seribu orang. Aplikasi nota online ini dapat kamu gunakan di berbagai perangkat sekaligus tanpa batasan. Kamu juga bisa mendapatkan penyimpanan gratis serta tidak perlu adanya back up untuk menjaga keamanan data. Kamu juga bisa mencetak invoice yang memuat informasi secara detail, termasuk prosentase pajak.

  1. Invoiz – Smart Digital Receipts

Ingin membuat invoice profesional tanpa mencetaknya? Gunakan aplikasi kwitansi Invoiz. Software kwitansi gratis full ini sangat ringan yaitu 8.8 MB sehingga tidak akan membebani memori ponsel. Aplikasi nota online dari Invoiz menggunakan sistem penyimpanan cloud, sehingga tidak perlu khawatir lupa menyimpan invoice atau bahkan hilang. Kamu bisa mengelompokan invoice sesuai dengan kategorinya di setiap folder. Aplikasi ini juga terdapat fitur expense tracker sehingga pengeluaranmu bisa dilihat dengan jelas.

Artikel Terkait

Most Read

Ampas Kopi Itu Bisa Jadi Uang

Megengan Pandemi

Tiga Makam di Puncak Bukit Maskumambang


Artikel Terbaru

/