Selasa, 18 Jan 2022
Radar Kediri
Home / Show Case
icon featured
Show Case

Cita Rasa Kelezatan Cokelat dari Fudgy Brownies

Crunchy di Luar, Lembut di Dalam

14 Januari 2022, 15: 34: 42 WIB | editor : Adi Nugroho

Cita Rasa Kelezatan Cokelat dari Fudgy Brownies

TEKSTUR LEBIH PADAT: Sajian fudgy brownies yang menggunakan mentega dan cokelat lebih banyak memiliki tekstur yang lebih padat. (Habibah Anisa Muktiara - Radar Kediri)

Share this      

Brownies merupakan salah satu kue yang jadi favorit banyak orang. Selain karena rasanya yang lezat, juga cukup mudah untuk dibuat. Mengapa sajian kuliner ini banyak disuka?

Memiliki rasa yang manis, brownies biasanya terbuat dari campuran tepung, cokelat, mentega, gula, dan telur. Untuk memasaknya, campuran bahan yang menjadi adonan ini bisa dipanggang atau dikukus sesuai dengan selera.  

Meski terlihat sama, rupanya brownies ini memiliki beberapa tipe dasar yang dapat dibedakan. Tak hanya bahan, tekstur, namun juga rasa. Bukan seperti brownies pada umumnya, tekstur kue ini lebih cenderung ke padat tetapi bukan bantat.

Baca juga: Airlangga Puji Kerja Sama Golkar dengan Gubernur Khofifah

“Olahan kue yang satu ini diberi nama fudgy brownies,” jelas Niken Agus Tianingrum, pemilik usaha kue Bosbite di Kediri.

Seperti diketahui, fudgy brownies mengandung lebih banyak lemak. Ini karena penggunaan mentega dan cokelat yang lebih banyak. “Dibandingkan jenis lain, fudgy brownies menggunakan lebih sedikit tepung dalam pembuatannya,” terang Niken.

Karena itulah brownies jenis ini lebih manis dengan cokelat yang lebih terasa. Tekstur kuenya padat namun lembut. Fudgy brownies juga lebih lengket karena penggunaan cokelat leleh.

Bahan yang digunakan untuk membuat adonan, menurut perempuan 31 tahun ini, tidak menggunakan bahan pengawet. Sehingga fudgy brownies ini memiliki tekstur yang dapat bertahan selama tujuh hari.

“Bahan yang digunakan dark chocolate, tepung, margarin, telur dan cokelat bubuk,” papar Niken.

Ketika dikeluarkan dari alat pemanggang, ia menambahkan, fudgy brownies lapisan atas ini akan terlihat berkilau. Meski di luar tekstur crunchy, namun ketika digigit di bagian dalamnya akan terasa lembut. Rasa manis dari cokelat akan sangat terasa di lidah.     

Selain mempercantik penampilan, namun dengan tambahan topping keju, chocochips, mede, kacang cincang, dan oreo membuat brownies ini semakin enak.

Rasanya manisnya bisa dinikmati untuk mereka yang suka makanan manis. Ukuran brownies ini beragam. Namun ada yang menonjol. Yakni ukuran 20 x 20 sentimeter dan 20 x 10 sentimeter (cm).

Namun karena sudah di kotak-kotak, membuat brownies ini bisa dihabiskan dalam sekali makan. “Brownies ini cocok untuk buat camilan untuk semua usia, karena tidak pakai pengawet  anak-anak juga bisa,” urai Niken. (ara/ndr)

Jenis Olahan Serupa  

Chewy Brownies

Sesuai namanya, jenis brownies satu ini punya tekstur chewy alias kenyal ketika dimakan. Jika dilihat penampilannya mirip seperti fudgy brownies, tapi teksturnya tidak sepadat itu. Karena tepung yang digunakan lebih banyak. Chewy brownies biasanya dibuat menggunakan brown sugar untuk menciptakan tekstur kue yang lembab dan kenyal. Kombinasi minyak dan mentega juga kerap digunakan agar kue lebih kenyal.

Cakey Brownies

Tekstur dan penampilan cakey brownies mirip cake cokelat karena penggunaan pengembang kue, seperti baking powder atau baking soda. Meskipun kuenya lebih tebal, tapi cakey brownies punya tekstur yang lebih ringan daripada dua jenis brownies lainnya.

Tekstur ringan itu didapatkan dari penggunaan tepung yang lebih banyak dengan kandungan lemak (cokelat dan mentega) lebih sedikit. Saat membuatnya, mentega cair dan gula biasanya dikocok bersama hingga menyatu. Baru kemudian ditambahkan bahan-bahan lain, yakni cokelat bubuk, baking powder, garam, telur, dan tepung (ara/berbagai sumber/ndr)

(rk/ara/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia