Sabtu, 18 Sep 2021
radarkediri
Home > Show Case
icon featured
Show Case

Tim KKN UNS 113 Kenalkan Konsep Virtual Trip di Nganjuk

Upaya Kembangkan Desa Wisata di Masa Pandemi

15 September 2021, 16: 36: 04 WIB | editor : Adi Nugroho

Tim KKN UNS 113

SEMANGAT: Tim KKN UNS 113 di Desa Bareng, Kecamatan Sawahan, Nganjuk.

Share this          

NGANJUK - Pandemi Covid-19 yang menyebar di seluruh dunia mengakibatkan berbagai negara menerapkan pembatasan pergerakan penduduk, termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia memutuskan melakukan strategi pembatasan fisik maupun sosial yang berdampak kepada seluruh sektor. Salah satunya yaitu sektor wisata.

Dengan adanya pandemi ini, Desa Wisata sangat sulit berkembang. Mereka benar-benar terdampak. Masyarakat khawatir berwisata. Di sisi lain, pemerintah juga menutup tempat-tempat wisata di zonasi tertentu. Namun kebutuhan refreshing atau berwisata tentu tetap dibutuhkan untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan karena selalu berada di rumah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Tim KKN UNS Kelompok 113 di bawah pendampingan Dr Suryadi Budi Utomo, S.Si, M.Si, memperkenalkan konsep virtual trip dalam program kerja utama. Konsep virtual trip ini bertujuan untuk mengatasi kejenuhan masyarakat serta mengembangkan Desa Wisata Bareng, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Baca juga: Kasus Penggelapan Kabid DP3AP2KB Kediri: Saksi Korban Tolak SK PNS

VIRTUAL: Platform zoom meeting pada tanggal 29 Agustus 2021 yang dilakukan tim KKN UNS 113.

VIRTUAL: Platform zoom meeting pada tanggal 29 Agustus 2021 yang dilakukan tim KKN UNS 113.

Tim KKN UNS Kelompok 113 yang terdiri dari 11 mahasiswa yang berasal dari program studi yang beragam melaksanakan program KKN di Dusun Jabon, Desa Bareng, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Lokasi KKN berada di kaki Gunung Wilis sekitar 15 kilometer dari pusat Nganjuk.

Secara geografis wilayah tersebut memiliki beberapa objek wisata. Salah satunya wisata Plaza Bukit Surga yang menyuguhkan view dataran tinggi, kesejukan alam, dan suara gemericik air sungai mengalir.

Selain memperkenalkan keindahan alam Desa Bareng, Tim KKN UNS 113 juga mencantumkan budaya serta beberapa hal unik yang ada di Desa Bareng. Seperti penyulingan minyak kayu putih, pengolahan keripik pisang, pengolahan serai dijadikan minuman, pengolahan cengkeh, dan masih berbagai hal lainnya.

Virtual trip ini dilaksanakan melalui platform zoom meeting pada tanggal 29 Agustus 2021 dengan menghadirkan dua pembicara yakni Dinda Karina Yohanny selaku perwakilan Tim KKN UNS 113 dan Dimas Panji Anugroho selaku Ketua Kopdar Wilis atau pengelola Plaza Bukit Surga.

Program kerja virtual trip ini diharapkan dapat mengenalkan ke kalayak umum mengenai adanya desa wisata di kaki Gunung Wilis sehingga diharapkan saat Pandemi telah usai masyarakat akan tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata tersebut.

Link Video Virtual Trip: https://youtu.be/ko-dPSL1blM

Instagram Tempat Wisata: @plazabukitsurga_nganjuk

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news