Sabtu, 18 Sep 2021
radarkediri
Home > Show Case
icon featured
Show Case

MKKS SMK Kabupaten Kediri Jalin Kerja Sama dengan Maspion IT

Tingkatkan Kompetensi Bidang Industri

15 September 2021, 13: 34: 16 WIB | editor : Adi Nugroho

MKKS SMK Kabupaten Kediri Jalin Kerja Sama dengan Maspion IT

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Negeri dan Swasta Kabupaten Kediri bersinergi dengan Maspion IT menggelar acara penguatan SMK berbasis IDUKA (Industri dan Dunia Kerja) dan sinkronisasi kurikulum industri, kemarin. 

Acara yang berlokasi di SMK Pemuda Papar itu turut menghadirkan Kasi SMK Kabupaten Kediri, Sidik Purnomo, S.Pd, MSi, Pimpinan Maspion IT, Ir. Okky Tri Hutomo, M. IT. 

Sidik mengapresiasi adanya inisiasi kerja sama dari Maspion IT dengan MKKS SMK Kabupaten Kediri. Lewat acara ini, Sidik berharap kelak dapat tercipta link and match antar pendidikan vokasi dalam hal ini SMK dan pelaku industri. Link and match merupakan bentuk penggalian kompetensi yang akan dibutuhkan pasar kerja ke depan. 

Baca juga: Nganjuk Turun Level 2, Tenda Darurat Dibongkar

"Saya harap kerja sama ini terus berlanjut. Agar peserta didik bisa banyak diserap oleh pelaku industri," harapnya. 

Di kesempatan yang sama, Pimpinan Maspion IT, Okky Tri Hutomo memaparkan, ada tiga bentuk kerja sama yang Maspion IT tawarkan. Yakni, Maspion IT akan memfasilitasi tempat pengembangan dan pelatihan IT. Selain itu Maspion IT juga menyediakan tempat magang industri kepada guru dan siswa SMK Kabupaten Kediri. Serta mewadahi fasilitasi tempat kegiatan pendidikan vokasi. Kegiatan itu meliputi sinkronisasi kurikulum, kunjungan Industri, pembekalan kelas Industri dan kegiatan-kegiatan pengembangan sekolah lain. "Semua wadah serta fasilitas yang kami berikan tidak berbayar alias gratis," terangnya. 

Okky menerangkan, adanya kesepakatan kerja sama tersebut bertujuan agar siswa dan tenaga pendidik SMK di Kabupaten Kediri bisa meningkatkan kualitas dan kapabilitasnya. Sebab, lulusan SMK nantinya akan dituntut untuk dapat mengasah skill dan pengetahuan sesuai standar dari Industri.

Maka, perlu adanya praktik kerja atau magang di lokasi industri. Supaya kelak lulusan SMK dapat bersaing dalam dunia kerja dengan bekal yang mapan. "Perkembangan industri semakin pesat, maka kerja sama ini saya harapkan dapat dimaksimalkan sebaik-baiknya," harapnya. 

Maspion IT, ujar Okky, mempunyai banyak basis bisnis dan divisi usaha. Maka, perlu adanya sinkronisasi atau penyesuaian kurikulum dari sekolah. Sinkronisasi bertujuan agar sekolah dapat menyesuaikan kompetensi di bidang keahliannya masing-masing. "Jadi semua kompetensi keahlian yang ada di SMK itu bisa masuk di bagian pemagangan kami," jelasnya. 

Acara diakhiri dengan penandatanganan nota kesepakatan kerja sama (MoU) oleh kedua belah pihak. Perjanjian kerja sama ini berlaku selama 36 bulan. Kesepakatan dihitung dari tanggal pendatanganan kesepakatan. "MoU ini adalah bentuk keseriusan kami untuk bersinergi memajukan SMK di Kabupaten Kediri," pungkasnya. (ery)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news