Sabtu, 18 Sep 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

400-an Peserta Tak Hadir Tes CASN di Kediri, Ini Kata Bupati

12 September 2021, 14: 47: 25 WIB | editor : Adi Nugroho

tes cpns kediri

CEK: Peserta seleksi CASN sebelum mengikuti tes hari keempat kemarin di Convention Hall SLG. (Iqbal Syahroni - radar kediri)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Jumlah pelamar calon aparatur sipil negara (CASN) yang tak datang mengikuti seleksi tergolong banyak. Jumlahnya mencapai 30 persen dari total pendaftar. Atau sekitar 300-an orang dari 2.266 orang yang lamarannya memenuhi syarat.

Banyaknya peserta yang tidak datang itu menjadi sorotan Bupati Kediri Dhito Pramana. Dhito menyinggung hal itu saat melihat pelaksanaan tes hari keempat di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) kemarin (11/9).

“Dari catatan BKN dan BKD, per hari bisa sampai 100 orang tidak hadir. Jika dijumlah hingga saat ini bisa sampai lebih dari 300 orang,” ucap sang bupati di depan awak media.

Baca juga: Kiat Bugar dan Awet Muda ala Kepala BPS Kota Kediri Lilik Wibawati

Apa yang menyebabkan para pelamar itu tidak datang, Bupati Dhito belum bisa menjelaskan alasannya. Yang pasti, mereka yang tak hadir atau terlambat akan langsung dicoret. Dinyatakan tidak lolos.

Dalam kesempatan kemarin, Dhito juga memberi suntikan semangat kepada peserta yang hadir. “Semoga hasil tes semua baik dan menjadi yang terbaik. Kalaupun tidak menjasi ASN akan menjadi sesuatu yang lebih baik di tempat lainnya  nanti,” ujarnya kepada peserta yang sudah duduk di depan komputer.

Kepala BKD M. Solikin menambahkan bahwa hingga hari terakhir kemarin seluruh kegiatan tes berjalan lancar. Setelah seleksi kemampuan dasar (SKD) selesai kini mereka mempersiapkan untuk seleksi kompetensi bidang. “Ini bagi yang nilainya lulus,” terang Solikin.

Kabupaten Kediri menyiapkan 600 formasi. Jumlah itu untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) non-guru. Sekitar 1.600-an peserta yang telah menyelesaikan SKD itu akan menunggu penilaian. Bagi yang nilaianya melewai passing grade akan mengikuti SKB yang waktunya belum ditentukan.

Sementara itu, ada catatan dalam pelaksanaan seleksi CASN kali ini. Yaitu adanya beberapa lowongan yang kurang mendapat peminat. Di antaranya adalah lowongan untuk dokter spesialis. (syi/fud)

(rk/syi/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news