Sabtu, 18 Sep 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Disdik Kediri Klaim Tak Ada Kendala Pencairan PIP

11 September 2021, 17: 27: 12 WIB | editor : Adi Nugroho

marsudi

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kediri Marsudi Nugroho. (Rekian - radar kediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri-Sejumlah siswa penerima Program Indonesia Pintar (PIP) yang belum bisa mencairkan beasiswa hingga September ini, agaknya harus bersabar lebih lama lagi. Pasalnya, bantuan dana dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) itu bisa saja dirapel tahun depan.

          Seperti diungkapkan oleh Waka Kesiswaan SMPN 8 Kota Kediri Heri Setiawan. Menurutnya, tidak ada perubahan aturan dalam program PIP. “Saat ini yang sedang diajukan ke pusat adalah data siswa baru (Kelas VII, Red),” katanya sembari menyebut penerima PIP kelas VIII dan IX sudah tidak lagi diajukan.

          Lebih jauh Heri menyebut, sejauh ini tidak ada kendala pencairan PIP. Transfer dana menurutnya dilakukan secara bertahap. Karenanya, dia meminta siswa yang mengusulkan PIP untuk sabar menunggu.

Baca juga: Menko Airlangga Apresiasi OJK & Perbankan untuk Akses Pembiayaan UMKM

Berdasar pengalaman sebelumnya, pencairan dana bisa saja dilakukan dengan cara dirapel. “Penerima PIP yang tidak mendapat transfer saat kelas VII, baru bisa cair saat kelas VIII,” lanjutnya.

          Terkait penyebabnya, menurut Heri hanya Kemendikbud Ristek yang mengetahuinya. Demikian juga dengan jadwal pencairan PIP tahun ini. Dari ribuan penerima PIP SMP tahun ini, dia mengakui jika di SMPN 8 ada ratusan penerima.

          Pria yang juga guru bahasa Jawa ini menyebut belum ada penurunan jumlah penerima di sana. Meski demikian, sekolah akan tetap melakukan evaluasi di akhir tahun.

          Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kediri Marsudi Nugroho menjelaskan, PIP merupakan kewenangan Kemendikbud Ristek. Adapun dinas pendidikan hanya berwenang mengusulkan data saja.

          Seperti halnya Heri, Marsudi juga menyebut tidak ada pengurangan kuota penerima PIP. “Kalau pun ada pengurangan itu menjadi kewenangan Kemendikbud Ristek,” tegasnya.

          Marsudi menuturkan, setiap siswa yang memenuhi kriteria untuk mendapat PIP akan diusulkan. Yakni, siswa kurang mampu yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Syarat lainnya, siswa bisa menunjukkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

          Jika siswa bisa menyerahkan syarat tersebut, disdik mengusulkan ke pusat. “Kalau dananya sudah ditransfer biasanya sekolah akan berkoordinasi dengan orang tua dan siswa,” bebernya. (rq/ut)

Data Penerima PIP SMP Kota Kediri dari Kemendikbud

Tahun         Kota                     Mojoroto              Pesantren

2020           2.672 siswa           2.219 siswa           819 siswa

2021           1.743 siswa           1.493 siswa           506 siswa            

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news