Sabtu, 18 Sep 2021
radarkediri
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi
Dampak Perpanjangan PPKM di Kota Angin

LPJU Masih Mati, PKL Makin Sepi

06 September 2021, 11: 17: 11 WIB | editor : Adi Nugroho

PKL

SEPI: PKL di Alun-Alun Nganjuk sepi pembeli selama perpanjangan PPKM berlevel. Mereka hanya bisa berjualan pagi sampai sore. (Karen Wibi - Radar Kediri)

Share this          

Pedagang kaki lima (PKL) di Alun-Alun Nganjuk sudah mulai berjualan. Sejak awal Agustus lalu, mereka sudah diperbolehkan berjualan. Namun, karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih diperpanjang, PKL juga merasakan dampaknya.

PKL sudah membanjiri Alun-Alun Nganjuk. Sejak pagi hingga malam hari. Sayang, saat malam hari, PKL tersebut kesulitan. Lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Kota Angin masih padam. Akibatnya, pengunjung malam hari sepi. “Pengunjung Alun-Alun Nganjuk itu ramainya kalau malam hari. Jadi, kalau gelap begini iya sepi,” keluh Ardi Huda, salah satu PKL asal Desa/Kecamatan Sukomoro.

Meski sepi pembeli, Ardi mengaku senang. Dirinya sudah bisa kembali berjualan dengan tenang. Karena ketika larangan tersebut sempat muncul, dirinya secara diam-diam tetap berjualan. Petak umpet dengan Satpol PP dilakukan.

Baca juga: Bawa Jenazah Covid-19 saat Karnaval Desa

PKL

TUNGGU PEMBELI: Penjual mainan berharap pengunjung Alun-Alun Nganjuk kembali ramai. (Karen Wibi - Radar Kediri)

Sementara itu, Ketua Paguyuban PKL Alun-alun Nganjuk Pardi mengatakan, pandemi Covid-19 sangat berdampak pada PKL. Odong-odong sepi. Padahal, biasanya anak-anak selalu ramai naik odong-odong saat ke Alun-Alun Nganjuk. “Sekarang, satu jam hanya ada beberapa anak saja yang naik odong-odong,” ujarnya.

Pardi berharap, PPKM segera berakhir. Sehingga, LPJU bisa hidup lagi. Karena PKL sangat tergantung dengan LPJU. “Kalau terang, pengunjung pasti akan ramai,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Sujito mengatakan, hingga saat ini LPJU di Kota Angin masih padam 24 jam. Hal tersebut terjadi sejak PPKM yang berlangsung dari Juli lalu. “Karena saat ini PPKM masih diperpanjang maka LPJU juga tetap mati 24 jam,” ujarnya.

Sujito mengatakan, LPJU akan dihidupkan jika ada perintah dari atasannya. Namun jika belum ada perintah, dia tidak akan menghidupkan LPJU. “Kami hanya menjalankan tugas,” pungkasnya.

(rk/tar/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news