Rabu, 28 Jul 2021
radarkediri
Home > Features
icon featured
Features

SMK Al Huda Kota Kediri Raih Kembali ISO 9001:2015

Manajemen Mutu Diakui Tim Sertifikasi Jerman

21 Juli 2021, 21: 08: 10 WIB | editor : Adi Nugroho

KOMPAK: Kepala SMK Al Huda Kota Kediri bersama waka dan guru yang terlibat dalam proses peningkatan manajemen mutu hingga meraih sertifikat ISO 9001:2015.

KOMPAK: Kepala SMK Al Huda Kota Kediri bersama waka dan guru yang terlibat dalam proses peningkatan manajemen mutu hingga meraih sertifikat ISO 9001:2015.

Share this          

Kota, JP Radar Kediri - SMK Al Huda Kota Kediri Kembali memperoleh sertifikat International Standard Organization. Ini setelah SMK swasta favorit di Kota Kediri itu dinyatakan lulus dalam re-sertifikasi dan berhak mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 dari badan sertifikasi internasional asal Jerman TUV Rheinland.

"Kita telah persiapkan sistem manajerial sebaik mungkin menjelang re-sertifikasi kemarin," ujar Siti Nurul Lailiyah, Wakil Kepala Manajemen Mutu SMK Al Huda kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Re-sertifikasi ISO 9001:2015 dilakukan untuk meningkatkan sistem serta quality control manajemen mutu di suatu organisasi atau lembaga. Proses sertifikasi dinilai oleh badan sertifikasi Internasional yang independen dan telah diakui kredibilitasnya. Adanya Sertifikat ISO dapat dijadikan sebagai nilai acuan sekolah untuk meningkatkan proses akreditasi.

Baca juga: Prokes di Masa Pandemi, BRI Kenalkan Reservasi Online Pencairan BPUM

KEBANGGAAN: Wakil Kepala Manajemen Mutu SMK Al Huda Kota Kediri Siti Nurul Lailiyah menunjukkan sertifikat ISO 9001:2015 dari lembaga sertifikasi TUV Rheinland asal Jerman.

KEBANGGAAN: Wakil Kepala Manajemen Mutu SMK Al Huda Kota Kediri Siti Nurul Lailiyah menunjukkan sertifikat ISO 9001:2015 dari lembaga sertifikasi TUV Rheinland asal Jerman.

Perlu diketahui, re-sertifikasi ISO wajib dilakukan sekolah tiap tiga tahun sekali. Selanjutnya, akan diadakan monitoring atau repeat audit ISO dari auditor terkait setiap tahunnya. SMK Al Huda telah menjalin kerjasama dengan TUV Rheinland sejak tahun 2018. Yakni saat SMK Al Huda naik level ISO yang sebelumnya 9001:2008 menjadi 9001:2015. "Ini kedua kalinya kita re-sertifikasi dengan TUV Rheinland,  Alhamdulillah hasilnya memuaskan," tutur Laili.

Laili menerangkan, sebelum proses audit dengan pusat, pihaknya melakukan rapat tinjauan manajemen untuk menentukan sasaran mutu di tahun ini. Kemudian berlanjut ke proses audit secara internal. Setelah semua terlaksana, barulah sekolah melakukan audit eksternal dengan pihak terkait.

Lebih lanjut Laili menuturkan, proses re-sertifikasi berjalan ketat. Penilaian dilakukan secara menyeluruh di masing-masing unit kerja. Penilaian dimulai dari analisa sasaran mutu, program kerja, evaluasi sampai analisa risiko. Semua indikator tersebut harus direncanakan dan dijalankan dengan matang secara konsisten. "Jika poin-poin tersebut tidak terlaksana dengan baik, akan ada proses remedial atau pengulangan," jelasnya.

Tak hanya itu, proses audit juga dinilai dari bukti kelengkapan dokumen-dokumen yang mendukung. Seperti, dokumentasi kegiatan termasuk foto, video dan MOU. "Kalau rapat ya, harus ada undangan, daftar hadir, dokumentasi dan notulen," terangnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMK Al Huda, Moechammad Suhariyono menjelaskan, pihaknya akan mengevalusi beberapa sistem manajerial pasca re-sertifikasi ISO. Ia juga berencana membuat beberapa target pencapaian di tahun ini, seperti menambah keterserapan lulusan. Caranya dengan melakukan proses pemantauan lulusan lewat kuesioner selambat-lambatnya enam bulan setelah kelulusan siswa. Hasil audit akan dijadikan evaluasi kedepannya. “Kami juga berusaha menambah sinergi dengan dunia industri agar lulusan dapat dengan mudah memperoleh lapangan pekerjaan. Tugas kita tidak hanya mendidik, tapi juga menyalurkan lulusan," jelasnya. Lebih lanjut Suhariyono berharap hasil re-sertifikasi dapat diaplikasikan secara konsisten. Mulai dari perencanaan sampai dengan analisa risiko harus berjalan semaksimal mungkin.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news