Rabu, 28 Jul 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Jalan A. Yani Jadi Satu Arah

DPRKPP Akan Buang Taman di Tengah

21 Juli 2021, 09: 05: 46 WIB | editor : Adi Nugroho

KEN

Kawasan Ekonomi Nganjuk (Ilustrasi : Afrizal Saiful Mahbub - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk- Kawasan Ekonomi Nganjuk (KEN) akan mengubah arus lalu lintas (lalin) di Jalan Ahmad Yani Nganjuk. Jalan A. Yani yang sebelumnya dua arah akan diubah menjadi satu arah. “Kendaraan hanya boleh melintas dari arah selatan ke utara saja,” ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPRKPP) Kabupaten Nganjuk Agus Frihannedy.

Rencananya, perubahan tidak hanya arus lalin. Jalan A. Yani yang memiliki dua ruas jalan atau double way akan dijadikan satu. Taman di tengah sebagai pemisah jalan akan dibuang. Dengan hanya satu ruas jalan, akan menjadi lebih lebar. “Bunga-bunga yang ada di pot bisa dimanfaatkan untuk Taman Nyawiji yang masih dalam proses,” ujar Agus.

Perubahan arus lalin dari dua arah menjadi satu arah dan memperlebar Jalan A. Yani itu untuk mendukung KEN. Dengan ruas jalan yang lebih luas akan membuat Malioboronya Nganjuk itu akan menarik pengunjung. “Tidak akan macet jika satu arah,” ujarnya.

Baca juga: Percepat Vaksinasi, Ini yang Dilakukan Pemkot Kediri

Jalan

PERUBAHAN ARUS LALIN: Jalan A. Yani Nganjuk masih dua arah kemarin. Akhir Desember 2021 akan jadi satu arah setelah KEN selesai dibangun. (Karen Wibi - radarkediri.id)

Untuk rekayasa arus lalin, Agus mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk dan Satlantas Polres Nganjuk. Harapannya, jika nanti perubahan arus lalin sudah diterapkan tidak menjadi persoalan di masyarakat.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Nganjuk AKP Marita Dyah Anggraini melalui KBO Satlantas Polres Nganjuk Iptu Herry Buntoro mengakui sudah melakukan rapat koordinasi dengan dishub dan DPRKPP terkait perubahan arus lalin di Jalan A. Yani. “Tidak ada permasalahan jika Jalan A. Yani diubah jadi satu arah,” ujarnya.

Untuk kendaraan dari arah Nganjuk menuju ke Kediri atau selatan, akan dialihkan di Perempatan  A. Yani. Di perempatan yang akan dibangun prasasti Jayastamba dengan tinggi 9 meter dan lighting warna-warni, semua kendaraan menuju Kediri, langsung berbelok ketimur hingga perempatan Kelurahan Ganung Kidul. Di perempatan tersebut, belok ke selatan menuju Jalan Imam Bonjol. Kemudian, lurus ke perempatan SMPN 1 Loceret. Lalu, berbelok ke timur di Jalan Raya Nganjuk-Kediri. “Jalannya lebar jadi tidak akan macet,” ujar Herry.

Lalu kapan perubahan arus lalin di Jalan A. Yani dilaksanakan? Herry menjelaskan, perubahan arus lalin akan dilaksanakan setelah pembangunan KEN selesai. Jika tidak ada kendala, Jalan A. Yani akan jadi satu arah pada akhir tahun ini. “Desember nanti sudah jadi satu arah,” ujarnya.

Hal senada diutarakan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk Sujito. Menurut sekretaris dinas pendidikan ini, perubahan arus lalin ini sudah disepakati semua pihak. “Dishub dan Satlantas Polres Nganjuk juga sudah menyiapkan rekayasa lalin,” ujarnya.

Sujito berharap, tujuan KEN menghidupkan perekonomian di Nganjuk bisa terwujud. Sehingga, KEN ramai pengunjung. “Semoga perekonomian masyarakat meningkat dengan adanya KEN,” harapnya.

Perubahan di Jalan A. Yani :

- Jalan Jadi Satu Arah  (Selatan ke Utara)

- Taman di Tengah Jalan Dibuang

- Dua Jalan Digabung Jadi Satu

- Penerapan Satu Arah Dilaksanakan Akhir 2021

(rk/tar/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news