Rabu, 28 Jul 2021
radarkediri
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Harga Brambang Makin Melambung

14 Juni 2021, 12: 05: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

Brambang

STOK MENIPIS: Pedagang di Pasar Sukomoro menunjukkan brambang yang dijualnya kemarin. Harga brambang merah naik setiap hari. (Habibah A. Muktiara - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk– Harga brambang di Pasar Sukomoro melambung. Kenaikan harga brambang terjadi dalam tiga hari terakhir. Jika sebelumnya harga brambang hanya berkisar Rp 12.500-Rp 16 ribu per kilogram, kemarin, harganya bisa menembus angka Rp 20 ribu per kilogram. “Hampir setiap hari harga brambang naik,” ujar Suwarti, 40, salah satu pedagang brambang di Pasar Sukomoro.

Kenaikan harga brambang tersebut dipicu stok brambang yang menipis. Padahal, permintaan bawang merah di Pasar Sukomoro sangat banyak. Selain untuk memenuhi kebutuhan warga di Nganjuk, brambang tersebut juga dijual ke luar Nganjuk. Ini karena Nganjuk sebagai salah satu sentra bawang merah di Jawa Timur. Pasar Sukomoro sendiri sebagai salah satu pasar brambang terbesar di Jatim. “Banyak yang kulakan brambang di sini,” ujar Warti. 

Terkait stok brambang yang menipis, Warti mengatakan, saat ini, adalah musim tanam. Itu artinya, brambang yang dijual adalah hasil panen yang telah disimpan atau petani yang terlambat panen. Otomatis, jumlah brambang yang dijual di Pasar Sukomoro tidak sebanyak saat musim panen. “Biasanya saya jualnya per karung,” ujarnya sembari menyebutkan satu karung beratnya 65 kilogram.

Baca juga: Semua Mendukung TRAL Segera Menjadi NNS

Sementara itu, Sutarno, 45, warga Ngronggo, Kota Kediri, mengaku selalu kulakan brambang di Pasar Sukomoro. Karena kualitas brambang yang bagus dan harganya miring. “Saya jual lagi di Pasar Grosir Ngronggo,” ujarnya.

Sutarno mengatakan, keuntungan yang didapat dari berjualan brambang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena pelanggannya sudah ada. Jadi, brambang yang dibawanya tersebut akan langsung laku saat tiba di Pasar Grosir. “Lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

(rk/ara/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news