Rabu, 28 Jul 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Stok Darah Golongan AB Menipis

12 Juni 2021, 12: 35: 46 WIB | editor : Adi Nugroho

Darah

BANYAK PERMINTAAN: Petugas PMI Nganjuk menyimpan darah di pendingin. Stok darah golongan AB sedikit. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk- Stok darah golongan AB di PMI Kabupaten Nganjuk menipis. Kemarin, stok darah golongan tersebut tinggal menyisakan 19 kantong darah. “Stok darah golongan AB paling sedikit,” ujar  Plt Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Nganjuk Bambang Eko Suharto.

Menurut Bambang, stok darah golongan yang lain jumlahnya mencapai puluhan kantong. Stok darah golongan B ada  34 kantong. Sedangkan stok goldar O mencapai 50 kantong. Sementara untuk goldar A tercatat masih tersisa 25 kantong. “Total stok darah di PMI Nganjuk sebanyak 128 kantong,” ujarnya.

Beruntung, untuk permintaan golongan darah AB yang stoknya menipis tidak terlalu banyak. Berbeda dengan permintaan darah golongan B dan O. Mayoritas pasien yang membutuhkan darah dari PMI adalah pasien anemia dan melahirkan. “Masih mencukupi untuk permintaan darah di Nganjuk,” ujar Bambang.

Baca juga: Bus vs Truk di Sukomoro: Enam Pulang dari RS, Satu Masih Kritis

Bahkan, PMI Nganjuk sebelum vaksinasi Covid-19 masih bisa membantu daerah lain yang membutuhkan darah. Namun hal itu tidak dilakukan lagi saat ini. Adanya pandemi Covid-19 dan vaksinasi juga ikut mempengaruhi pendonor darah.  “Kami fokus dulu memenuhi kebutuhan darah di Nganjuk,” ujar pensiunan PNS ini.

Saat ini, PMI Nganjuk gencar kampanye donor darah. Pendonor darah yang sudah jadwalnya donor darah dihubungi. “Keluarga pendonor yang memenuhi syarat juga kami ajak jadi pendonor darah,” ujar Bambang.

(rk/tar/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news