Kamis, 24 Jun 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Rp 3,6 M untuk Kantor Kelurahan Kemasan, Dewan Anggap Terlalu Besar

09 Juni 2021, 14: 16: 05 WIB | editor : Adi Nugroho

kelurahan kemasan

SIDAK: Ashari (tengah) berada di lahan yang akan dibangun kantor Kelurahan Kemasan kemarin. (Rekian - radar kediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri - Kantor Kelurahan Kemasan bakal dibangun baru. Rencananya didirikan di bekas bangunan sekolah yang dekat dengan SDN I, III, dan V Jagalan. Lokasi tersebut sudah ditetapkan karena tanahnya milik Pemkot Kediri. Tidak perlu lagi pembebasan lahan.

Hanya, nilai untuk pembangunan masih tergolong besar. Yakni mencapai Rp 3,6 miliar. Jumlah itu tak termasuk pembebasan lahan karena sudah milik pemkot. Karena itulah DPRD Kota Kediri menilai terlalu besar.

“Setelah kami ke lokasi, luasnya juga hanya 400 meter. Belum lagi dibagi parkirnya,” kata Wakil Ketua Komisi C Ashari, yang didampingi anggota komisi Ayub Wahyu Hidayatullah, saat berada di lokasi kemarin.

Baca juga: Persik Kediri vs Dewa United: Uji Kesiapan Tim Persik di Liga 1

Menurut Ashari, anggaran yang besar bisa memunculkan kecemburuan kelurahan lain. Dia menilai anggaran Rp 3,6 miliar yang disiapkan untuk pembangunan kantor Kelurahan Kemasan ini masih terlalu besar. Meskipun pengajuannya sudah diusulkan sejak 2018 dan sempat terhalang Covid-19 karena refocusing. Karena itulah Ashari dan anggota Komisi C lainnya masih tetap akan memantau seluruh usulan yang diajukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tersebut.

Bagiamana jika dibangun dua lantai? Jika pun dibangun bertingkat tetap akan dilihat efektivitas dan efisiensinya. Karena ini menjadi rencana kerja 2022 maka Komisi C tetap akan melakukan evaluasi. Sejauh ini, Komisi C tidak keberatan alasan kantor Kelurahan Kemasan dipindah dan dibangun di tempat baru.

Sementara itu, Plt Kepala DPUPR Hadi Wahjono mengatakan kantor Kelurahan Kemasan terpaksa dibangun ulang karena tempat yang saat ini dipakai milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). “Kelurahan Kemasan sekarang itu sewa, kalau diminta sewaktu-waktu bisa repot,” ucap Hadi.

Agar tidak menimbulkan masalah baru, diusulkan untuk membangun di lokasi yang baru. Yang tanahnya adalah aset Pemkot Kediri.

Terkait besarnya anggaran dan lahan yang sempit, Hadi menjelaskan bahwa konsep bangunan yang disiapkan untuk kantor kelurahan nanti dibangun dua tingkat. Bangunannya berbentuk L, sehingga kelak tersisa ruang untuk parkir.

Hadi optimistis, bangunan kantor Kelurahan Kemasan ini tidak akan mengganggu tempat parkir. Bahkan dia menunjuk bagian samping lahan masih luas dan bisa dipakai untuk parkir. Dibanding kantor yang dipakai sekarang, lokasi baru dianggap lebih baik. (rq/fud)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news