Kamis, 24 Jun 2021
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Puluhan Baterai LPJU Solar Cell Lenyap, Begini Kata Dishub Nganjuk

Rawan Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas

07 Juni 2021, 12: 53: 58 WIB | editor : Adi Nugroho

PJU

GELAP: LPJU solar cell di Desa/Kecamatan Loceret tidak menyala tadi malam. Banyak baterai LPJU solar cell dicuri. (Karen Wibi - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk - Kondisi jalan di Kabupaten Nganjuk yang gelap ternyata tidak hanya karena kurangnya Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). Namun, banyak LPJU yang tidak menyala. LPJU yang menggunakan solar cell tersebut tidak menyala karena baterainya hilang. "Banyak baterai LPJU solar cell yang dicuri," keluh Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk Sujito, kemarin.

Berdasarkan pengamatan wartawan koran ini, tadi malam banyak LPJU yang tidak menyala. Salah satunya LPJU di Desa/Kecamatan Loceret. Sehingga, jalan di sana, menjadi gelap. Ini sangat berbahaya bagi pengguna jalan yang melintas di sana. Padahal, arus lalu lintas padat.  Sehingga, rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Sujito mengatakan, dishub mengetahui,  baterai LPJU solar cell dicuri saat mengecek LPJU yang mati. Saat dicek ternyata baterainya tidak ada. Padahal, bateri itu berfungsi untuk menyimpan energi dari sinar matahari.

Baca juga: Kisah 'Pernikahan Sultan' yang Viral di Berbek Nganjuk

Baterai tersebut dicuri oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab. Pencurian dilakukan sejak tiga tahun lalu atau sejak awal LPJU solar cell dipasang. Jumlah baterai yang hilang mencapai puluhan.  “Paling banyak baterai LPJU solar cell yang dicuri itu ada di jalan, Kecamatan Rejoso menuju Bojonegoro,” ujarnya.

Dari kejadian tersebut, Sujito mengatakan banyak upaya sudah dilakukan. Mulai dari, sosialisasi tentang manfaat LPJU  hingga kerja sama dengan Satpol PP Nganjuk untuk mengamankan LPJU. Patroli pun sering dilakukan. Sayang, pencuri belum pernah tertangkap.

Sujito mengatakan, pencuri baterai LPJU solar cell bukan orang sembarangan. Namun, dia memahami tentang LPJU solar cell. “Bukan pencuri sembarangan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sujito berharap, masyarakat Nganjuk untuk ikut menjaga LPJU. Karena lampu tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu, Lukman Hakim, salah satu warga Kecamatan Warujayeng mengaku tidak mengetahui jika banyak LPJU mati itu karena baterai LPJU solar cell dicuri. Dia menduga jika LPJU mati karena masalah teknis. Namun, setelah dikasih tahu jika salah satu penyebab matinya LPJU karena baterainya dicuri, Lukman meminta masalah ini harus ditindak tegas. “Harus dilaporkan polisi jika ada pencurian baterai LPJU solar cell biar pelakunya tertangkap,” ujarnya.

(rk/tar/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news