Minggu, 13 Jun 2021
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Jual Sabu Terancam Sanksi Seumur Hidup

18 Mei 2021, 12: 20: 02 WIB | editor : Adi Nugroho

Jual Sabu Terancam Sanksi Seumur Hidup

(ilustrasi)

Share this          

NGASEM, JP Radar Kediri – Menuruti permintaan teman untuk menjual sabu-sabu (SS), Efendi Romadhona, 26, diadili. Pemuda asal Kelurahan Banjaran, Kecamatan Kota Kediri ini terancam hukuman maksimal seumur hidup.

Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tomy Marwanto mengatakan, terdakwa melanggar pasal 112 ayat 2 UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika. Awalnya, pada 21 Januari 2021 Efendi dimintai tolong temannya mengambil SS di Desa/Kecamatan Ngadiluwih. “Terdakwa melakukannya dengan cara ranjau,” ungkapnya dalam persidangan telekonferensi di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri (17/5).

Di jalan itu Efendi mendapati 45 gram sabu dibungkus plastik. Selain itu, ada pula timbangan elektrik.Oleh temannya, dia diminta menjual dengan imbalan uang. Lalu, pada 24 Januari, Efendi menjual 1 gram seharga Rp 1 juta.

Baca juga: Jaksa Pertimbangkan Penetapan Tersangka Tambahan

Namun sekitar pukul 18.00 di hari yang sama, dia ditangkap polisi ketika hendak transaksi lagi di rumah temannya di Desa Mangunrejo, Ngadiluwih.

“Pada waktu itu polisi mengamankan 40,36 gram sabu,” ujar Tomy.

Menanggapi dakwaan JPU, Efendi membenarkan. Sebelum sidang ditutup, ketua majelis hakim Fahmi Hary menyarankan, terdakwa mencari pengacara karena ancaman hukuman cukup berat, minimal 5 tahun hingga 20 tahun penjara.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news