Minggu, 13 Jun 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

AKDP dan AKAP Mulai Beroperasi Lagi Hari Ini

18 Mei 2021, 12: 05: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

Terminal

SEPI : Suasana pelataran terminal Anjuk Ladang yang kosong melompong. Bus baru akan beroperasi hari ini. (Habibah A. Muktiara - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk–Setelah berhenti beroperasi selama 12 hari terakhir, ratusan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan antarkota antarprovinsi (AKAP) akan kembali beroperasi hari ini. Sekitar pukul 08.00 pagi ini, bus yang berangkat dari terminal Bungurasih sekitar pukul 06.00, diprediksi sudah tiba di Nganjuk.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Regu A Terminal Anjuk Ladang Yuswadi menuturkan, operasional kembali bus usai masa pelarangan mudik lebaran itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 13/2021. “Sesuai aturan itu memang baru boleh beroperasi lagi besok (hari ini, Red),” ujar Yuswadi.

Meski sudah diperbolehkan beroperasi kembali, menurut Yuswadi bus harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain mewajibkan awak bus dan penumpang memakai masker, mereka juga harus menjaga jarak.

Baca juga: Suntikan Modal Bertahap

Selebihnya, penumpang juga diwajibkan untuk membawa surat nonreaktif hasil rapid test. Untuk memastikan protokol kesehatan tersebut dilaksanakan, Yuswadi menegaskan, pengelola terminal dan tim gabungan akan melakukan pemeriksaan.

Untuk diketahui, meski selama lebaran ada bus khusus yang diperbolehkan beroperasi, menurutnya tidak ada armada bus yang masuk ke terminal Anjuk Ladang. Karenanya, selama hampir dua minggu terakhir kondisi terminal kebanggaan Kota Angin itu sepi.

Kondisi tersebut berbeda dengan kemarin. Sejumlah penumpang terlihat mulai berdatangan di terminal sekitar pukul 11.00. Di terminal sudah ada sejumlah penumpang yang menunggu kedatangan bus.

Hanya saja, karena tidak ada armada yang masuk ke terminal, mereka memutuskan untuk pulang. Ningsih, 25, adalah salah satu penumpang yang kecele. Perempuan asal Pace it mengaku sudah menunggu kedatangan bus selama hampir satu jam. “Rencananya ini tadi (kemarin, Red) mau kembali ke Surabaya,” tuturnya.

Setelah memastikan belum ada bus yang beroperasi, Ningsih pun terpaksa pulang. Rencananya, dia akan kembali ke terminal pagi ini. Sehingga, dia bisa kembali ke Kota Pahlawan untuk bekerja.

(rk/ara/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news