Minggu, 13 Jun 2021
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Langgar Larangan Parkir, Ban Sepeda Motor Digembosi

05 Mei 2021, 13: 59: 21 WIB | editor : Adi Nugroho

TIDAK TERTIB: Petugas Satlantas Polres Kediri Kota memberi peringatan kepada pemilik kendaraan yang melanggar rambu larangan parkir di Jl Brawijaya, Kota Kediri kemarin.

TIDAK TERTIB: Petugas Satlantas Polres Kediri Kota memberi peringatan kepada pemilik kendaraan yang melanggar rambu larangan parkir di Jl Brawijaya, Kota Kediri kemarin. (ILMIDZA AMALIA NADZIRA - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Satlantas Polres Kediri Kota dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri menertibkan pengguna kendaraan yang melanggar rambu larangan parkir di sejumlah ruas jalan kemarin. Sepeda motor AG 6332 AW yang melanggar dan ditinggalkan pemiliknya digembosi.

Sementara mobil diberi lembar peringatan yang disematkan di kaca depan. Sembilan juru parkir (jukir) pun mendapat sanksi teguran. Pasalnya, mereka justru membiarkan kendaraan parkir di tempat terlarang.

“Masih banyak yang menggunakan ruas jalan trotoar untuk parkir. Padahal trotoar difungsikan bagi pejalan kaki,” ujar Kasubbag Umum UPT Pengelola Pengoperasian Prasarana (P3) Dishub Kota Kediri Iswandi.

Baca juga: Harga Daging dan Telur Ayam Picu Infl asi

Dia mengatakan, penertiban parkir ini mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas (lalin). Kegiatan dilaksanakan sekitar pukul 10.00 di lima ruas jalan. Terutama titik di dekat pusat perbelanjaan, seperti Jl Dhoho, Jl Brawijaya, Jl Pattimura, Jl Hayam Wuruk, dan Jl Diponegoro.

Agar tak terjadi pelanggaran lagi, petugas memasang tali rafia di sana. Selanjutnya, akan diberi root barrier dan traffic cone. “Ini supaya tidak kembali dipakai tempat parkir,” terang Iswandi.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Ipda Cahyo Widodo menambahkan, pihaknya menertibkan pelanggar rambu larangan parkir agar tidak mengganggu arus lalin. Apalagi mendekati Lebaran arus lalin lebih padat.

Pada pemilik kendaraan yang melanggar kemarin, Cahyo mengatakan, memberi peringatan dengan menempel selebaran di kaca mobil. Isinya tertulis ‘Anda Telah Melanggar Rambu Larangan Parkir’.

Jika nanti ditemukan lagi pasca penertiban, Cahyo menegaskan, tak segan memberi sanksi tegas. Termasuk pada jukirnya. Mereka dikenakan sanksi tindak pidana ringan (tipiring). “Sedangkan pemilik kendaraan ditilang. Ini sesuai pasal 287 ayat 1 UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan karena tidak mematuhi rambu lalu lintas,” pungkasnya. (ica/ndr)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news