Jumat, 25 Jun 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Lebihi Pagu, Puluhan Langsung Terlempar

Pendaftar PPDB Tahap Satu Membeludak

05 Mei 2021, 12: 05: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

PPDB

KEGIATAN KEAGAMAAN: Beberapa siswa SMA 2 Nganjuk mengikuti kegiatan pondok Ramadan yang digelar selama bulan puasa. Di saat yang sama panitia PPDB mulai melakukan verifikasi pendaftar yang meng-entry berkas secara online. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahap satu SMA di Kota Angin ditutup dini hari tadi. Hasilnya, mayoritas pendaftar jalur jalur afirmasi, pindah tugas wali murid, dan prestasi lomba di sejumlah sekolah membeludak. Terutama di sekolah yang berlabel favorit.

Seperti di SMAN 2 (Smada) Nganjuk. Di sana, jumlah pendaftar untuk ketiga jalur tersebut telah mencapai dua kali lipat pagu yang dibuka. Berdasar data yang dihimpun Jawa Pos Radar Nganjuk, total pagu untuk tahap pertama di Smada sebanyak 77 peserta didik. Namun, pendaftar yang telah memasukkan berkasnya mencapai jumlah 163 siswa.

Jumlah itu masih berdasar rekap hingga pukul 08.00 kemarin. Sehingga, masih dimungkinkan bertambah. “Kalau sampai dengan ditutupnya pendaftaran bisa lebih dari itu,” ujar Kepala Smada Nganjuk Rita Amalisa.

Baca juga: Menelusuri Jejak Zaman Purba di Nganjuk (24)

Dari ratusan pendaftar tersebut, menurut Rita mayoritas merupakan pendaftar jalur afirmasi. Artinya, mereka adalah pendaftar dengan status ekonomi kurang beruntung. Hanya saja, berapa jumlah pastinya masih belum didata oleh tim Smada.

Rita menegaskan, kuota jalur afirmasi sebanyak 15 persen. Dengan banyaknya pendaftar, panitia akan melakukan proses seleksi. Yakni, untuk menentukan siapa yang akan diterima menjadi peserta didik di sana. “Tim sudah melakukan verifikasi dan validasi dokumen yang dilampirkan oleh para peserta didik baru,” sambung Rita.

Seperti diberitakan, sekolah akan memilih peserta didik yang tingkat ekonominya paling rendah. Jika hasil perhitungannya sama, penentuan siswa yang akan diterima berdasar jarak rumah dengan sekolah. Siswa dengan domisili paling dekat akan diutamakan.

Sementara itu, selain di Smada Nganjuk, jumlah pendaftar yang membeludak juga terjadi di SMAN 1 Tanjunganom. Dari total 90 pagu yang tersedia, jumlah pendaftar hingga kemarin sore mencapai 126 orang. “Sebagian data yang masuk sudah kami verifikasi keabsahannya. Tetapi nanti kami juga akan turun ke lapangan untuk mengecek langsung,” ujar Kepala SMAN 1 Tanjunganom Sigit Tri Tjahjono.

Pria yang juga ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA ini menyebut, proses verifikasi masih akan dilakukan lagi pada hari ini dan besok. Panitia menurutnya membutuhkan lebih banyak waktu karena jumlah pendaftar mencapai ratusan. Sesuai jadwal yang telah disusun, pengumuman PPDB 2021 tahap pertama ini akan dilakukan pada Jumat (7/5) lusa.

PPDB Tahap Satu:

-Siswa yang mengajukan PIN PPDB sebanyak 9.919 anak

-Siswa yang mendapatkan PIN sebanyak 9.740 anak

-Ada 133 siswa yang belum mendapat PIN karena berkas salah

-Ada lebih dari 1.000 siswa yang mengikuti PPDB tahap satu

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news