Selasa, 18 May 2021
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Sasar Penjual Petasan dan Penukaran Uang

04 Mei 2021, 13: 27: 21 WIB | editor : Adi Nugroho

INSPEKSI: Anggota Polsek Pare mengecek penyedia jasa penukaran uang di Kelurahan/Kecamatan Pare.

INSPEKSI: Anggota Polsek Pare mengecek penyedia jasa penukaran uang di Kelurahan/Kecamatan Pare. (ist)

Share this          

PARE, JP Radar Kediri – Mendekati Lebaran, Polsek Pare intensif memantau pedagang kembang api dan penyedia jasa penukaran uang. Dalam sidak terakhir (3/5), petugas tidak menemukan petasan maupun serbuk bahan berbahaya.

“Dari pengecekan di beberapa toko, hanya ditemukan beberapa kembang api dengan ukuran di bawah batas maksimum,” kata Kapolsek Pare AKP I Nyoman Sugita kemarin.

Menurutnya, rata-rata petasan berukuran 1,9 inci. Ukuran ini terbilang wajar merujuk dari batas maksimal 2 inci. Penjual kembang api itu diimbau tidak menjualnya pada anak kecil. “Karena hal tersebut akan berbahaya,” tuturnya.

Baca juga: Kampung Kauman, Cerita dan Tradisi yang Bertahan hingga Sekarang (11)

Sugita menambahkan, edukasi juga dilakukan pada orang tua. Pengawasan harus dilakukan agar tidak jadi petaka. “Orang tua harus aktif menjaga anaknya,” urainya.

Selain itu, beberapa anggota polsek juga sidak di beberapa tempat jasa penukaran uang baru. “Ini sasaran sidak karena berpotensi rawan tindak kriminal,” imbuh Sugita.

Tindak kriminal yang biasanya terjadi adalah uang palsu (upal). Makanya polsek mengecek keaslian uang. “Tidak lupa penjajanya kita berikan edukasi,” tambahnya. (c4/ndr)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news