Selasa, 18 May 2021
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

PH Yuyun Tanggapi Replik dari JPU

04 Mei 2021, 13: 16: 15 WIB | editor : Adi Nugroho

KASUS PENCEMARAN: Sidang yang melibatkan Yuyun di PN Kota Kediri.

KASUS PENCEMARAN: Sidang yang melibatkan Yuyun di PN Kota Kediri. (ILMIDZA AMALIA NADZIRA - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Persidangan kasus pencemaran nama baik dengan terdakwa Yuyun Masita Yuwono memasuki pembacaan duplik kemarin (3/5). Danan Prabandaru, penasihat hukum (PH) Yuyun, membalas poin-poin dalam replik jaksa penuntut umum (JPU) selama persidangan.

Menurut Danan, hasil pemeriksaan penyidik maupun penghadiran saksi dan saksi ahli belum menghasilkan bukti kuat yang membuktikan bahwa kalimat pada grup Whatsapp Pangrukti merupakan pencemaran nama baik.

“Selama persidangan yang menghadirkan saksi ahli pun bisa disimpulkan bahwa kalimat tersebut multitafsir, sehingga bukan merupakan tuduhan penghinaan,” ujarnya.

Baca juga: Mengenang Agus Sunyoto, sang Budayawan Nusantara (5)

Menurut Danan, perbuatan yang dituduhkan harus jelas dan tegas. Sehingga tidak perlu penafsiran lagi. Karena itu, ia memohon kliennya dibebaskan karena alat bukti yang dihadirkan tidak cukup kuat. “JPU kurang analisa secara hukum untuk menjerat terdakwa di mana seharusnya berhubungan dengan pasal 310 ayat 1 KUHP, sehingga unsur pencemaran nama baik dalam pasal yang didakwakan JPU tersebut lemah,” tuturnya.

Setelah membacakan duplik, majelis hakim yang diketuai Widodo Hariawan menutup persidangan. “Sidang akan dilanjutkan minggu depan, senin (10/5),” ujarnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi Danan mengatakan duplik itu merupakan bentuk keberatan atas replik JPU. Menurutnya, JPU dalam repliknya banyak merekayasa hal-hal yang tidak sesungguhnya dan tidak bisa dibuktikan secara hukum. “Pada repliknya itu tidak mengungkapkan sebagaimana yang ada saat selama persidangan, sehingga JPU cenderung menganalisa sendiri,” pungkasnya. (ica/ndr)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news