Selasa, 18 May 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

THR Bisa Cair Minggu Ini

Pejabat Eselon II juga Mendapatkan Jatah

03 Mei 2021, 14: 53: 00 WIB | editor : Adi Nugroho

THR

DISIPLIN: Kepala BPKAD Kartimah (kanan) saat melakukan absensi sensor wajah di kantornya. Ketertiban dalam jam datang dan pulang jadi salah satu tolok ukur kinerja ASN yang pekan ini direncanakan mendapat THR. (Ilustrasi : Afrizal Saiful Mahbub - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk–Ribuan aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Nganjuk bisa tersenyum gembira. Pasalnya, tunjangan hari raya (THR) dipastikan akan cair awal Mei atau minggu ini. Hal tersebut menyusul sudah ditekennya peraturan presidan (PP) terkait THR oleh Presiden Joko Widodo minggu lalu.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Nganjuk Kartimah mengungkapkan, setelah PP diteken Presiden, saat ini pihaknya menyiapkan administrasi kelengkapan untuk pencairan THR. “Setelah siap (administrasi pencairan, Red) akan diserahkan kepada Pak Bupati Senin (hari ini, Red),” ujar Kartimah.

Kartimah berharap peraturan bupati (perbup) pencairan THR bisa selesai dalam waktu beberapa hari ke depan. Sehingga, THR untuk para ASN Pemkab Nganjuk bisa segera dicairkan. Ditanya waktu pasti pencairan THR, Kartimah belum bisa menyebutkan. “Insyaallah awal Mei nanti (THR cair, Red),” ujar perempuan berjilbab itu.

Baca juga: Dump Truk vs Motor, Satu Orang Tewas

Untuk diketahui, sesuai mekanisme selain perbup nantinya pencairan THR juga membutuhkan surat edaran (SE) bupati terkait THR. Setelah dua kelengkapan administrasi itu selesai, BPKAD akan mengirim edaran ke tiap organisasi perangkat daerah (OPD). Yakni, agar mereka mengajukan surat perintah pembayaran (SPP) dan surat perintah membayar (SPM ).

Setelah tahap tersebut, waktu pencairan THR tiap OPD tergantung proses pengajuan SPP dan SPM ke BPKAD. Biasanya, OPD dengan jumlah pegawai yang banyak relatif lambat pengajuan berkasnya.

Berkaca pada tahun lalu, anggaran yang disiapkan untuk membayar THR mencapai Rp 40,06 miliar. Anggaran yang dibutuhkan tahun ini dipastikan akan lebih banyak. Sebab, jika tahun lalu pejabat eselon II, bupati, wakil bupati, dan DPRD tidak mendapatkan THR, tahun ini sebaliknya. “Tahun ini bisa mendapat THR,” jelas perempuan berjilbab itu.  

Menurut hitungan BPKAD, total penerima THR di Pemkab Nganjuk mencapai lebih dari 8.000 pegawai. Ribuan pegawai itu akan menerima THR sebesar satu kali gaji pokok. Tidak termasuk tunjangan kinerja yang didapat PNS tiap bulan.

Kartimah menegaskan, pencairan THR merupakan bentuk penghargaan atas pengabdian ASN kepada negara. Terkait besaran pastinya anggaran yang dibutuhkan untuk pencairan THR, menurut perempuan berkulit putih itu masih akan dihitung ulang.

THR ASN:

-ASN semua golongan dan eselon akan mendapat THR satu kali gaji pokok

-BPKAD memprediksi THR bisa dicairkan mulai minggu ini

-Sedikitnya ada sekitar 8.000 ASN di Pemkab Nganjuk yang akan mendapat THR

-Anggaran yang dibutuhkan untuk pencairan THR sekitar Rp 40 miliar

(rk/syi/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news