Selasa, 18 May 2021
radarkediri
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Berharap Pasar Luar Daerah

30 April 2021, 13: 27: 57 WIB | editor : Adi Nugroho

HARGA BAGUS: Petani memanen nanas di Lereng Gunung Kelud, Desa/Kecamatan Ngancar kemarin. Mereka ingin memperluas pasar untuk mendongkrak penjualan.

HARGA BAGUS: Petani memanen nanas di Lereng Gunung Kelud, Desa/Kecamatan Ngancar kemarin. Mereka ingin memperluas pasar untuk mendongkrak penjualan. (Dewi Ayu Ningtyas - radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Harga nanas di Lereng Gunung Kelud, Desa/Kecamatan Ngancar, mulai membaik. Kemarin, per biji bisa laku Rp 2.000. Naik 100 persen dibanding  awal pandemi Covid-19 yang hanya Rp 1.000.

Meski begitu, para petaninya berharap dapat memasarkan ke luar daerah.

Sujarno, 64, salah satu petani nanas Ngancar, mengatakan, harga Rp 2 ribu itu termasuk tinggi dibanding sebelumnya. “Harga mulai naik sejak awal Ramadan ini,” ujarnya.

Baca juga: Edarkan Satu Kit Dobel L Dituntut 15 Bulan Penjara

Ketika harga turun di awal pandemi, Sujarno mengaku, hasil penjualannya jeblok. Penghasilannya tinggal Rp 9 juta. Padahal sebelumnya bisa menyentuh Rp 20 juta. “Itu panenan lahan satu hektare,” jelasnya.

Sejauh ini, penjualan nanas petani Kelud diambil pemborong. Mereka hanya dari wilayah Kediri. Sujarno berharap, bisa menjual ke luar daerah agar mendongkrak harga nantinya. “Dengan begitu petani tidak terlalu kesulitan,” ungkapnya seraya menyebut harga pupuk juga mahal.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri Anang Widodo menerangkan, harga nanas turun lantaran berbagai faktor. Di antaranya, Wisata Gunung Kelud masih tutup dan pengepul tidak bisa mengirim. “Ada penambahan di beberapa lahan PTPN yang juga menanam nanas mengakibatkan harga jatuh kemarin,” terangnnya.

Terkait kenaikan harga nanas, menurutnya, karena permintaan bertambah. Ke depan, prioritas dispertabun adalah penanganan nanas dari hulu hingga hilir. “Mulai dari kebun bibit dengan masyarakat hingga perhitungan offtaker supply nanas,” imbuhnya. (c2/ndr)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news