Minggu, 16 May 2021
radarkediri
Home > Show Case
icon featured
Show Case
Dukung Buruh

Mas Novi Akan Terbitkan SK Haul Marsinah

Berkomitmen Buka Banyak Lapangan Pekerjaan

30 April 2021, 12: 14: 31 WIB | editor : Adi Nugroho

Bup

KOMPAK: Bupati Novi Rahman Hidhayat (topi merah) dan Wabup Marhaen Djumadi (kemeja putih, kanan) dan para pejabat forkopimda saat akan melakukan ziarah di makam Marsinah di Desa Nglundo, Sukomoro kemarin. (Iqbal Syahroni- radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk–Hari Buruh yang diperingati tiap tanggal 1 Mei juga akan menjadi Haul Marsinah. Bupati Novi Rahman Hidhayat akan menerbitkan SK terkait penetapan Haul Marsinah tersebut.

Ditemui di sela-sela ziarah makam Marsinah bersama Wabup Marhaen Djumadi dan para pejabat Forkopimda Nganjuk kemarin, Mas Novi mengungkapkan, penetapan Haul Marsinah pada tanggal 1 Mei itu untuk memperingati perjuangan Marsinah semasa hidup. “Haul ini juga untuk memperingati perjuangan para buruh dari dulu hingga sekarang. Tepatnya juga untuk mendoakan almarhumah Marsinah,” katanya.

Lebih jauh Mas Novi menjelaskan, Marsinah telah menjadi ikon perjuangan para buruh. Perempuan asli Nganjuk itu juga ditetapkan sebagai pahlawan buruh. Karenanya, pemkab memberikan penghormatan dengan menetapkan 1 Mei sebagai Haul Marsinah.

Baca juga: Lovy Shampoo Kucing Terbaik

Bup

KHUSYUK: Bupati Novi (topi merah) memimpin doa bersama Wabup Marhaen (kemeja putih, kanan) saat berziarah di makam Marsinah jelang peringatan Hari Buruh besok. (Iqbal Syahroni- radarkediri.id)

Selebihnya, sebagai wujud dukungan untuk para buruh, Mas Novi berkomitmen untuk membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya bagi warga Nganjuk. Yakni, dengan menjalin komitmen dengan perusahaan yang berinvestasi di Kota Angin.

Terkait banyaknya peziarah yang setiap tanggal 1 Mei mendatangi makam Marsinah, Mas Novi menegaskan jika pemkab tidak akan melarang mereka. Hanya saja, suami Yuni Sophia itu meminta agar peziarah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Doa bersama menurut Novi disiapkan secara khusus di balai desa. “Sudah disiapkan untuk doa di sana. Tetap jaga jarak,” terangnya sembari menyebut peziarah juga diperbolehkan untuk ke makam. Syaratnya, mereka harus masuk bergantian.

Untuk diketahui, selain Bupati Novi dan Wabup Marhaen, ziarah makam Marsinah kemarin juga diikuti Sekda Mokhamad Yasin, Kapolres AKBP Harviadhi Agung Prathama, Kajari Nophy Tennophero Suoth, Dandim 0810 Letkol Inf Georgius Luky Ariesta. Mereka bergiliran melakukan tabur bunga di makam sebelum menggelar doa bersama.

(rk/syi/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news