Minggu, 16 May 2021
radarkediri
Home > Show Case
icon featured
Show Case

DPRD Targetkan Interpelasi Tuntas Akhir Mei

30 April 2021, 12: 03: 43 WIB | editor : Adi Nugroho

DPRD

KOMPAK: Dari kiri, Ketua DPRD Tatit Heru Tjahjono, Wakil Ketua DPRD Ulum Basthomi, Raditya Haria Yuangga, dan Jianto saat memimpin rapat paripurna. (Dokumen Jawa Pos Radar Nganjuk - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Rencana DPRD menggunakan hak interpelasi atau hak untuk menanyakan kebijakan terkait peraturan bupati (perbup) tentang rekrutmen perangkat desa, terus berjalan. Rabu (28/4) lalu mereka sudah menggelar rapat internal. Salah satu agendanya menyusun daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada Bupati Novi Rahman Hidhayat dan eksekutif lainnya.

Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono menegaskan, rencana penggunaan hak interpelasi terus berlanjut. “Ada rumor (interpelasi, Red) katanya gembos. Itu tidak benar. Terus berlanjut,” tegasnya.

Sesuai rapat internal yang dilakukan Rabu lalu, interpelasi ditargetkan tuntas akhir Mei nanti. Dalam waktu beberapa minggu ke depan, tim perumus akan menuntaskan serangkaian persiapan sebelum mengagendakan bertemu dengan bupati dan pihak eksekutif.

Baca juga: Kres..Kress..Kerupuk Tahu

Meski tim perumus yang diketuai oleh Marianto sudah menyusun daftar pertanyaan, menurut Tatit pihaknya juga akan melibatkan masyarakat. Terutama, untuk memberi masukan terkait kebijakan rekrutmen perangkat desa. “Kami akan minta masukan dari tokoh masyarakat dan praktisi. Kami tampung semua tentang perbup rekrutmen perangkat desa,” jelas pria yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Nganjuk itu.

Untuk diketahui, hak interpelasi bergulir setelah turun perbup tentang rekrutmen perangkat desa. Perbup tersebut jadi dasar pelaksanaan rekrutmen perangkat desa yang sekarang sedang berlangsung di lebih dari 100 desa di Nganjuk.

Padahal, saat ini DPRD tengah membahas revisi peraturan daerah (perda) tentang Desa. Salah satunya mengatur teknis rekrutmen perangkat desa. Hal itulah yang membuat legislatif menggunakan hak interpelasi mereka.

(rk/syi/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news