Minggu, 13 Jun 2021
radarkediri
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Permintaan Naik, Harga Tomat Naik Dua Kali Lipat

20 April 2021, 16: 43: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

MULAI MAHAL: Pedagang tomat di Pasar Grosir Ngronggo saat melayani pembeli kemarin (19/4).

MULAI MAHAL: Pedagang tomat di Pasar Grosir Ngronggo saat melayani pembeli kemarin (19/4). (Dewi Ayu Ningtyas - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Seminggu Ramadan, harga tomat telah naik dua kali lipat. Harganya pun masih bertahan di kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 12 ribu per kilogram. Kondisi tersebut diakui pedagang lantaran pasokan dari luar daerah berkurang, sedangkan daya beli masyarakat meningkat.

Ariati, 48, salah satu pedagang di Pasar Grosir Ngronggo mengatakan, kenaikan harga tomat sudah berlangsung selama seminggu. Sebelumnya untuk tomat kualitas bagus Rp 6 ribu perkilogram. “ Saat ini tomat yang besar Rp 12 ribu,” katanya kemarin (19/4).

Sedangkan untuk tomat kecil saat ini Rp 6 ribu per kilogram. Sebelumnya hanya Rp 3 ribu per kilogram. Kenaikan harga tersebut disebabkan lantaran permintaan masyarakat sejak awal Ramadan kali ini meningkat.

Baca juga: Tiga Penggawa Masih Absen Berlatih

Lanjut Ariati, dari kulakannya di Karangploso, Malang, pasokan tomat juga berkurang, sedangkan permintaan masyarakat pun meningkat. “Permintaan meningkat, banyak yang beli untuk sambal,” lanjutnya.

Dengan kulakan langsung ke Karangploso, Malang itu Ariati mengakui, sejak awal Ramadan 3 kuintal tomat ludes dalam sehari. Sebelumnya, penjualan tomat dilapaknya tidak lebih dari 2 kuintal per hari.

Meski terjadi kenaikan harga tomat hingga dua kali lipat, pedagang asal Pujon Malang, mengungkapkan kualitas sebanding dengan harga. “Kualitas tomat bagus-bagus,” akunya.

Terkait dengan kenaikan harga tomat di awal Ramadan kali ini, dia tidak optimis harga akan bertahan tinggi. Menjelang pertengahan nanti harga komoditas sayur, termasuk tomat diprediksi turun. Itu pun juga terjadi dengan penurunan penjualan.

Hal itu sudah biasa terjadi di bulan Ramadan. Harga sayuran dan penjualan akan kembali meningkat saat menjelang hari raya nanti. “Harga hancur, penjualan juga sepi,” ujarnya.

Di lapak berbeda, Tri, 52, mengakui, memang sudah seminggu ini harga tomat naik. Di lapaknya yang menjual tomat buah saat ini harga berkisar Rp 8 ribu sampai Rp 9 ribu.  “Keterlambatan barang (tomat, Red),” ujarnya seraya berkata penjualan meningkat.

Tri mengaku, sejak awal Ramadan penjualan tomat di lapaknya meningkat sekitar 1 kuintal per hari. Kulakan sebanyak 5 kuintal bisa ludes dalam sehari. “Sebelumnya sisa 1 kuintal,” akunya. (c2/dea)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news