Selasa, 18 May 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Dilantik, Sihat Bertekad Jaga Desa Tetap Kondusif

17 April 2021, 12: 05: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

Pelantikan

SAH: Wabup Marhaen Djumadi melantik Sihat Raharjo di ruang rapat Anjuk Ladang, kemarin. (Dokumen Pemkab Nganjuk for radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk–Penantian Sihat Raharjo selama beberapa bulan terakhir membuahkan hasil. Kemarin, Wakil Bupati Marhaen Djumadi resmi melantiknya sebagai kepala Desa Mojoduwur. Pelantikan dilakukan setelah Sihat memenangkan gugatan hingga ke tingkat Mahkamah Agung (MA)

Untuk diketahui, Sihat memenangkan gugatan di MA pada 14 Agustus 2020 lalu. Salah satu poin putusan adalah meminta agar Sihat dilantik menjadi kepala Desa Mojoduwur.

Setelah menunggu lebih dari tujuh bulan, dia dilantik di ruang rapat Anjuk Ladang kemarin siang. Kepada koran ini, Sihat mengaku lega sudah dilantik kemarin. “Berarti perjuangan saya membuahkan hasil baik. Akan saya laksanakan (amanah, Red) dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

Baca juga: Kisah Sugianto, Warga Bendoasri yang Menjaga Menhir Watu Ulo

Usai dilantik kemarin, menurut Sihat yang terpenting adalah menjaga kondisi Desa Mojoduwur agar tetap kondusif. Apa langkah yang akan dilakukan? Salah satunya adalah melakukan silaturahmi kepada tokoh-tokoh di desanya. Demikian juga tokoh di kecamatan.

Sementara itu, pelantikan yang dipimpin oleh Wabup Marhaen kemarin digelar secara tertutup. Awak media dilarang masuk ke ruang pelantikan selama prosesi. Selain Marhaen, pelantikan juga dihadiri oleh Sekda Mokhamad Yasin dan beberapa pejabat lainnya.

Ditemui koran ini, Wabup Marhaen Djumadi mengungkapkan, pelantikan kemarin merupakan proses panjang dari upaya hukum yang dilakukan Sihat Raharjo. Karenanya, gugatan yang dimenangkan mulai dari PTUN hingga MA menurutnya harus dihormati.

Apakah ada pertentangan dari pihak Jumali yang kemarin resmi melepas jabatan kades? Marhaen mengaku sudah berkomunikasi dengan Jumali. “Di WhatsApp, Pak Jumali juga sempat mengucapkan terima kasih,” terang orang nomor dua di Pemkab Nganjuk itu.

Dengan pelantikan kemarin, Marhaen berharap situasi di Desa Mojoduwur akan tetap kondusif. Dia menilai masyarakat sudah dewasa dalam berpolitik dan berdemokrasi. “Saya yakin dan optimistis masyarakat (Mojoduwur) tidak mudah terprovokasi. Agar kondusif lingkungan dan pemerintahan desa juga tetap berjalan,” tandasnya.

Sebelumnya memang sempat beredar kabar akan muncul tuntutan balik dari Jumali jika Sihat dilantik. Menurut Marhaen hal tersebut bisa teratasi jika semua pihak berniat memberikan yang terbaik untuk desanya.

Marhaen pun meminta Sihat untuk merangkul dan mengayomi semua pihak. Sehingga, upaya untuk membangun desa bisa tercapai. Termasuk dalam menyejahterakan rakyatnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news