Minggu, 18 Apr 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik
VAKSINASI

Untuk Lansia Tergantung Desa dan Jatah Puskesmas

08 April 2021, 14: 04: 11 WIB | editor : Adi Nugroho

KONDISI BAGUS: Salah satu lansia di Desa Bendosari, Kecamatan Kras sedang melakukan vaksin kemarin (6/4).

KONDISI BAGUS: Salah satu lansia di Desa Bendosari, Kecamatan Kras sedang melakukan vaksin kemarin (6/4). (Habibah A Muktiara - radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Capaian target vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Kediri masih minim. Dari jumlah secara estimasi baru menjangkau sekitar 20 persen. “Vaksin yang digunakan AstraZeneca,” terang Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri Sulistyorini kemarin.

Menurutnya, jumlah lansia yang mendapat vaksin tergantung masing-masing desa. Selain itu, juga tergantung jatah yang disediakan puskesmas. Terkait syarat sebelum vaksin, Sulis mengatakan, tidak jauh beda dengan warga umumnya. “Hanya saja terdapat lima pertanyaan yang menunjukan tingkat kerentanan lansia,” ungkapnya.

Jika memiliki tiga dari lima pertanyaan, maka pasien tersebut tidak dapat melakukan vaksin. Sehingga vaksin ini memang untuk lansia dengan kondisi bagus. Kemarin, pemberian vaksin lansia berlangsung di Desa Bendosari, Kecamatan Kras. Dari 500 lansia di desa ini, hanya 170 yang terfilter menerima undangan. Namun jatah yang didapatkan hanya 150 orang. “Tetap diundang 170 orang, untuk jaga-jaga jika ada lansia yang tidak datang,” terang Haikal, IT Desa Bendosari, Kecamatan Kras.

Baca juga: Wisata Dibuka tapi Prokes Diterapkan dengan Ketat

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news