Minggu, 18 Apr 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Dishub Siapkan ETLE Akhir Tahun Ini

07 April 2021, 12: 05: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

ETLE

PUSAT KERAMAIAN: Kamera ETLE pertama rencananya akan dipasang di perempatan Jl Ahmad Yani. Lokasi ini dipilih karena merupakan daerah terpadat di Nganjuk. (Iqbal Syahroni- radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk –Satlantas Polres Nganjuk dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk menyepakati untuk segera mengoperasikan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Angin. Di tahap awal, mereka berencana melakukan uji coba dan studi banding ke daerah yang sudah menerapkannya.

Hari ini Dishub Nganjuk berencana melakukan studi banding ke Kota Batu dan kabupaten Tulungagung. Sebab, dua daerah tersebut sudah lebih dulu menerapkan ETLE. “Daerah lain (yang menerapkan ETLE, Red) lebih jauh lagi,” ujar Sujito sembari menyebut Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

Dishub, jelas pria yang akrab disapa Jito itu, ingin melihat pelaksanaan tilang elektronik di dua daerah tersebut. Demikian juga dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Baca juga: Positivity Rate Covid-19 Masih Tinggi

ETLE

MANUAL: Pengendara berhenti di perempatan Jl Ahmad Yani, Kota Nganjuk. Polisi belum menerapkan tilang elektronik hingga minggu kedua April ini. (Iqbal Syahroni- radarkediri.id)

Terkait pemasangan kamera khusus yang mendukung ETLE, Jito menyebut pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Nganjuk. Sebab, nantinya CCTv yang digunakan untuk ETLE akan disambungkan videonya ke Polres Nganjuk. “(Studi banding, Red) besok ini ya dari kami (dishub) saja. Mungkin juga akan diadakan studi banding oleh Polres Nganjuk ke Polda Jatim,” terangnya.

ETLE, tutur Sujito, disepakati akan dipasang di Jalan Ahmad Yani. Titik itu dipilih sebagai pusat keramaian di Kota Angin itu. Mulai dari pertokoan, kantor dinas, hingga kantor Pemkab Nganjuk terletak tak jauh dari lokasi tersebut.

Jika ETLE perdana sudah terpasang di sana, dishub berencana menambah di beberapa titik lainnya. Terutama di kawasan tertib lalu lintas (KTL) Kabupaten Nganjuk. “Sementara ini kalau KTL kan ada di Anjuk Ladang, Jl Ahmad Yani, Jl Panglima Sudirman,” imbuhnya.

Sebelumnya, ETLE sudah diluncurkan pada akhir Maret 2021 lalu. Di Jawa Timur total ada 55 titik yang sudah mulai beroperasi, termasuk di Batu, Tulungagung, Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Adapun Nganjuk masih dalam tahap perencanaan.

Pantauan koran ini, sejumlah ruas jalan di Nganjuk memang sudah dilengkapi dengan kamera CCTv. Tetapi, kamera di sejumlah lokasi tersebut belum tersambung dengan layanan ETLE.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news