Minggu, 18 Apr 2021
radarkediri
Home > Kolom
icon featured
Kolom

Asal Disiplin, Jangan Takut Ber-PTM

05 April 2021, 16: 01: 12 WIB | editor : Adi Nugroho

Asal Disiplin, Jangan Takut Ber-PTM

(ilustrasi: Afrizal - radarkediri.id)

Share this          

Satu tahun lebih kita merasakan cara hidup baru. Cara hidup di tengah pandemi. Semua serba dibatasi. Jarak, jumlah, dan waktu serba dibatasi. Bahkan frekuensi aktivitas kita juga terbatas.

Selama itu pula dunia pendidikan juga menerapkan metode belajar baru. Pemerintah mengistilahkan sebagai pembelajaran jarak jauh, yang diakronimkan PJJ. Masyarakat kebanyakan menyebutnya online.

Belajar dengan cara daring. Melalui perantara internet. Sang pengajar di sekolah, sedangkan murid (seharusnya) di rumah.

Baca juga: Gol Cantik Antoni Beri Kemenangan untuk Persik

Sayang, banyak celah yang membuat metode belajar seperti itu berlangsung kurang maksimal. Setidaknya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Lemahnya jaringan di beberapa tempat, tingkat kemampuan orang tua yang tak merata, materi dari pengajar yang juga tak disiapkan matang sehingga sering terjadi noise adalah di antara masalah-masalah itu.

Belum lagi, disiplin kita yang memang lemah  membuat celah  yang paling parah. Siswa bahkan hanya benar-benar online belajar tak sampai setengah jam. Sisanya, mereka lebih asyik berselancar di dunia maya atau bermain game online.

Beberapa alasan di atas yang membuat sebagian pihak melihat PJJ tak mampu mewujudkan situasi pembelajaran yang ideal. Belum mampunya kita mengawasi diri sendiri membuat output yang diharapkan selama satu semester pembelajaran juga tak terlihat maksimal.

Karena itu, rencana kembali berlangsungnya pembelajaran tatap muka (PTM) layak disambut baik. Meskipun PTM tersebut juga masih terbatas tapi bisa jadi solusi pada beberapa celah yang muncul saat PJJ. Tentu saja, tanpa mengurangi kewaspadaan dan kehati-hatian kita.

Sebenarnya, bila semua dilakukan sesui prosedur yang telah ditentukan, tak ada ketakutan yang layak kita miliki. Penerapan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi adalah kata kuncinya. (*)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news