Minggu, 18 Apr 2021
radarkediri
Home > Show Case
icon featured
Show Case

Dorong Kampanyekan Pembangunan Keluarga kepada Remaja

Grand Final Apresiasi Duta Genre 2021

01 April 2021, 09: 10: 21 WIB | editor : Adi Nugroho

Genre

TERBAIK: Bunda GenRe Yuni Rahma Hidhayat usai menyerahkan hadiah dan trofi kepada juara I Duta GenRe 2021. (Sri Utami - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Nganjuk menggelar grand final pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) 2021 kemarin. Duta yang terpilih akan dilibatkan secara aktif untuk melakukan sosialisasi pembangunan keluarga di kalangan remaja.

Grand final pemilihan Duta Genre 2021 menghadirkan lima finalis terbaik putri dan putra. Dari kelimanya, dewan juri yang terjadiri dari Bunda Genre Yuni Rahma Hidhayat, Anik Rahayu perwakilan dari komisi IV DPRD Nganjuk, Sardjono Kartiko, dan Bima Aminul Karim, harus menentukan juara I, II, III, serta harapan I dan harapan II.

Usai melontarkan pertanyaan dan menilai para peserta, Bunda GenRe Yuni Rahma Hidhayat mengatakan, lima finalis putra dan putri Duta Genre kemarin sejatinya semua adalah juara. “Semua punya kelebihan masing-masing. Yang terpenting, kalian harus bisa memberikan edukasi tentang pembangunan keluarga kepada teman-teman nantinya,” terang Yuni.

Baca juga: Skema Baru Stimulus Listrik PLN Mulai April-Juni 2021

Genre

DUTA GENRE: Bunda GenRe Yuni Rahma Hidhayat (8 dari kiri), Kadis PPKB Widyasti Sidhartini (6 dari kiri), Bima Aminul (3 dari kiri)  Anik Rahayu (5 dari kanan), dan Kartiko Sardjono (kanan) bersama par (Sri Utami - radarkediri.id)

Untuk diketahui, total ada 75 pendaftar Duta Genre. Dari jumlah tersebut, ada 40 pelajar dan mahasiswa yang terpilih. Mereka merupakan Duta Genre 2021. Dalam proses seleksi, panitia memilih lima finalis putra dan putri terbaik untuk ditentukan juaranya.

Agar bisa sampai di tahap tersebut, para Duta GenRe harus mengikuti serangkaian selaksi. Baik tes tulis, tes wawancara melalui Google Meet, dan rangkaian seleksi lainnya. Hingga, babak karantina dan grand final kemarin.

Kepala Dinas PPKB Nganjuk Widyasti Sidhartini mengatakan, para Duta GenRe akan aktif melakukan sosialisasi pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana). “Untuk Duta Genre ini melakukan sosialisasi pembangunan keluarga dengan sasaran para remaja. Peran mereka penting karena pembangunan keluarga itu dimulai dari remaja,” jelasnya.

Lebih lanjut Widyasti mengungkapkan, para Duta GenRe ini tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Melalui wadah ini, diharapkan para Duta GenRe bisa memberi edukasi kepada sebayanya tentang berbagai hal. Mulai dari perencanaan keluarga, menghindari seks bebas, hingga menjauhi narkoba. “Mereka tersebar di sekolah, pesantren, dan desa,” bebernya sembari menyebut PIK R jadi wadah untuk menyelesaikan permasalahan remaja.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news