Minggu, 18 Apr 2021
radarkediri
Home > Show Case
icon featured
Show Case

Skema Baru Stimulus Listrik PLN Mulai April-Juni 2021

01 April 2021, 07: 00: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

PLN

PERAWATAN: Petugas rutin melakukan pemeliharaan untuk kehandalan pasokan listrik. (PLN UP3 Kediri for radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – PLN memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil resmi diperpanjang mulai April hingga Juni 2021. Pada periode ini, pemberian diskon 100 persen alias gratis bagi pelanggan daya 450 VA ditiadakan. Sebagai gantinya, pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA ini akan diberikan diskon tarif listrik PLN sebesar 50 persen. Sedangkan bagi pelanggan Rumah Tangga 900 VA bersubsidi, pemberian stimulus yang semula berupa diskon 50% berubah menjadi 25%. 

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan stimulus ini diberikan sebagai bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19. “PLN berharap hadirnya stimulus listrik ini dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif, serta meningkatkan daya beli masyarakat,” ujarnya.

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April-Juni 2021, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya. Pertama, pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Baca juga: Densus 88 Bekuk Terduga Teroris asal Rejoso

PLN

PASTIKAN AMAN: Petugas saat mengecek travo untuk memastikan pasokan listrik ke rumah pelanggan aman. (PLN UP3 Kediri for radarkediri.id)

Kedua, pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala. Ketiga, pembebasan biaya beban (abonemen), serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Bagi pelanggan pascabayar diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pelanggan melakukan pembelian token listrik. Seperti sebelumnya, bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Untuk pelanggan prabayar daya 450VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan WhatsApp, maupun PLN Mobile. “Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik," tambahnya.

Sementara itu, Aris Muhamad Noor Manajer Bagian Komunikasi, SDM dan Administrasi PLN UP3 Kediri menambahkan untuk pelanggan di wilayah Pelayanan PLN UP3 Kediri (Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Tulungagung) jumlah Pelanggan listrik yang akan menerima stimulus ini total 602.178 pelanggan. 

“Khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran dengan jatuh tempo pembayaran di tanggal 20 setiap bulannya,” ucap Aris. Namun, lanjutnya, tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen.

Pelanggan dapat mengakses info terupdate mengenai Stimulus Listrik dan juga saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile dapat diunduh Playstore atau AppStore.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news