Kamis, 24 Jun 2021
radarkediri
icon-featured
Hukum & Kriminal

Bisnis ‘Esek-Esek Dunia Maya’ di Kediri: Raup Rp 3 Juta Sehari

06 Maret 2021, 18: 26: 40 WIB | editor : Adi Nugroho

kasus pembunuhan

BEBER KASUS: Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo (tengah) dan Kasatreskrim AKP Verawaty Thaib (kanan) saat menunjukkan barang bukti kasus pembunuhan dan prostitusi online, (5/3). (Rekian - radar kediri)

Share this          

Bagi sebagian orang, bisnis prostitusi online sangat menggiurkan. Apalagi bagi mereka yang hidupnya kesusahan dari sisi ekonomi.

Jaringan prostitusi online yang dari kasus pembunuhan MY belum semuanya terkuak. Hingga kemarin (5/3), Satreskrim Polres Kediri Kota terus berupaya membongkar jaringan yang masih beroperasi di Kota Kediri. Beberapa akun yang dilacak petugas sudah tidak aktif.

Menurut Kasatreskrim Polres Kediri Kota AKP Verawaty Thaib, beberapa akun di aplikasi chatting yang diduga terhubung dengan korban MY sudah langsung di-banned. “Ini menunjukkan kalau jaringan prostitusi online ini punya jaringan kuat,” ucap perwira perempuan ini.

Vera mengklaim, akun-akun yang membuka jasa booking order (BO, Red) seperti MY ini melakukan tindakan saling lapor. Tujuan dari melapor akun itu agar si pelaku prostitusi online ini mati, sehingga tidak bisa dipantau petugas. Ditegaskan Vera, pihaknya sampai saat ini masih melakukan pengembangan. Kuat dugaan pelaku prostitusi online masih banyak di Kota Kediri.

Terkait pemanfaatan hotel yang kerap dijadikan tempat untuk melakukan prostitusi, AKP Vera akan berkoordinasi dengan instansi atau dinas di Pemkot Kediri. Salah satu upayanya melakukan operasi ke semua hotel di Kota Kediri. “Yang bisa dilakukan ya upaya pencegahannya,” beber perwira balok tiga di pundak itu.

pembunuhan kediri

SINDIKAT: Deri Kurniawan, 22, (kiri) tersangka prostitusi online asal Bandung. (deri kurniawan facebook)

Sementara itu, sumber koran ini mengungkapkan, MY merupakan jaringan asal Kota Kembang. Kedatangan ke Kediri memang berkelompok. Dia datang atas ajakan temannya Ti, yang juga asal Kota Bandung.

“Ti sebelumnya jadi tukang pijat sampai hand job di Kediri,” kata sumber koran ini yang meminta namanya tidak disebutkan.

Dari sana terungkap, tarif menjadi terapis pijat plus dan melayani BO. Kedua hal itu berbeda jauh. Untuk terapis pijat plus tarifnya Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribu. Sedangkan untuk layanan BO dari Rp 700 ribu sampai Rp 1 juta. Setiap harga itu masih bisa dinego.

Biasanya tarif pijat plus dibuka dengan harga Rp 350 ribu, minimal Rp 250 ribu. Sedangkan BO paling rendah Rp 700 ribu. “Setiap hari pasti ada pelanggannya. Sehari bisa tiga orang tamu hidung belang yang dilayani,” ujar sumber ini.

Karena itu, dalam satu hari pelaku prostitusi ini bisa meraup uang Rp 3 juta. Alasan biaya BO lebih mahal karena hotel dan makan ditanggung yang buka BO. Hasil dari prostitusi ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari selama selama berada di kota yang dituju.

Biasanya, lokasi praktik mereka ini berpindah-pindah. Sebelum di Kediri, MY diketahui bersama pacarnya sempat beroperasi di Madiun. Cara kerja prostitusi online ini selalu terhubung lewat media sosial (medsos). Kemungkinan perekrutan prostitusi online ini dari pertemanan.

Seperti akun medsos milik MY, dari pantuan koran ini, facebook-nya ada empat akun. Bukan itu saja, dia juga aktif di akun TikTok. Bahkan satu tahun lalu, pada 19 Februari 2020, MY pernah menulis need job bo buat teman di status  Facebook-nya. Menunjukkan, mereka saling terkoneksi mencari pelanggan antarsesama mereka.

Sementara itu, AKP Vera tidak mengelak bila tindakan yang dilakukan oleh MY itu salah satunya karena faktor ekonomi. “Saat jenazah di pulangkan ke rumah duka, semua biaya ditanggung Kapolres (AKBP Eko Prasetyo, Red) karena keluarganya memang tidak mampu,” ucapnya.

Bukan itu saja, perwira balok tiga ini mengaku, sebelum pelaku terungkap Satreskrim Polres Kediri Kota sempat melakukan doa bersama untuk korban MY. Bagi AKP Vera, MY yang masih anak-anak diperkirakan terjerumus dalam pusaran prostitusi karena lingkungan dan ekonomi keluarganya. (rq/fud)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news