Rabu, 03 Mar 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Jakarta Banjir, 7 Perjalanan Kereta Api Batal

22 Februari 2021, 12: 10: 34 WIB | editor : Adi Nugroho

Rel kereta api

SEPI: Kendaraan roda dua melintasi persimpangan rel kereta api di Desa Gampeng, Kecamatan Gampengrejo kemarin sore. (Rekian - radar kediri)

Share this          

KOTA, Kediri JP Radar Kediri - Banjir yang terjadi di Jakarta mengganggu perjalanan Kereta Api (KA) di daerah operasional (Daop) 7. Kemarin (21/2), ada tujuh KA perjalanan yang dibatalkan. Akibat kejadian tersebut, PT KAI mengembalikan 100 persen biaya tiket penumpang yang terlanjur memesan. 

Menurut Manager Humas Daop 7 Ixfan Hendriwintoko, pihaknya sudah menghubungi semua penumpang yang akan berangkat. “Kami mohon maaf atas gangguan perjalanan ini,” katanya. Perjalanan jarak jauh yang terganggu akibat banjir berada di wilayah Daop 1 Jakarta. 

Peristiwa itu menggenangi jalur KA yang melintas dari Kedunggedeh-Lemahabang di Kabupaten Bekasi. Ditambahkan Ixfan, titik bajir di ruas rel KA berada di KM 55+1000 sampai dengan KM 54+500. Banjir disebabkan debit sungai Bendungan Kamojing, Pupukjang, dan Walahar meluap sejak pagi hari. 

“Tadi (kemarin, Red) sekitar pukul 09.00, air masih menggenang di rel KA. Sehingga belum bisa dilalui kereta api,” bebernya kepada JP Radar kediri. Untuk penumpang yang terlanjur dalam perjalanan terpaksa dihentikan. Mereka kemdian dialihkan menggunakan moda transportasi bus lalu diantarkan ke Stasiun Cikampek untuk keberangkatan ke kota-kota tujuan. 

Tujuh perjalanan KA yang terpaksa dibatalkan di antaranya adalah KA 254 Jayakarta yang akan berangkat dari Pasar Senen ke Surabaya Gubeng. Kemudian dua KA yang berangkat dari Stasiun Gambir, yakni KA 76A menuju Surabaya Gubeng dan KA 72A Gajayana menuju Malang.

Kemudian KA menuju ke Stasiun Pasar Senen ada dua  perjalanan yakni KA 253 Jayakarta dari Surabaya Gubeng dan KA 101A Singasari berangkat dari Blitar. Dan terakhir adalah perjalanan menuju Stasiun Gambir yakni KA 75A Bima berangkat dari Surabaya Gubeng dan KA 71A Gajayana yang berangkat dari Malang. 

“Perjalanan KA lokal di Daop 7 aman, tidak ada yang terganggu,” ucap Ixfan. Sampai saat ini, 18 perjalanan KA lokal di wilayah Daop 7 masih tetap beroperasi. Diakui Ixfan, perjalanan jarak jauh yang terganggu hanya untuk tujuan Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Sedangkan perjalan lainnya lancar dan tidak ada masalah. 

Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan karena banjir maka saat ini PT KAI melakukan beberapa upaya penanganan dari pengaturan operasional hingga prasarana jalur KA. 

Dia berharap cuaca segera membaik dan banjir segera mereda. Sehingga jalur kereta api yang terdampak kembali normal. Dan perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar. “Semoga segera berakhir dan tidak meluas,” ucap Ixfan. (rq/dea)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news