Rabu, 03 Mar 2021
radarkediri
Home > Features
icon featured
Features

Nova Retalista, Gadis Doko Kediri yang Jadi Srikandi Indonesia 2019

Jaga Hati dan Self Love

21 Februari 2021, 20: 57: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

Nova srikandi 2019

AYU: Nova Retalista. (Dok. Nova Retalista for radar kediri)

Share this          

Terpilih menjadi Srikandi Indonesia 2019, Nova Retalista tetap aktif berkegiatan meski di tengah pandemi Covid-19. Warga Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri ini pun harus pintar menjaga kebugaran.

Halo Nova, apa kabar ?

Alhamdulillah masih diberikan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Sekarang sedang sibuk aktivitas apa?

Akhir-akhir ini lebih sering menghabiskan waktu di rumah, jarang banget keluar. Baru kalau ada job model aja, atau kalau ga waktu cari makan karena bosan pesan makan lewat aplikasi baru keluar rumah. Sekarang kan juga fokus dengan skripsi. Selebihnya kegiatan melalui daring, kadang juga ngisi webinar atau live gitu jadi pembicara.

Kuliah di Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya sekarang masih online kan?

Iya, masih kuliah online. Belum diperbolehkan masuk dan beraktivitas di kampus. Kalau di awal pandemi susah menyesuaikan karena komunikasi yang sulit dan keterbatasan media. Jadi sering diundur. Sekarang sudah mulai terbiasa.

Lantas bagaimana menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama pandemi ini?

Aku sih konsumsi vitamin untuk meningkatkan imun. Alhamdulillah juga sekarang aku berhasil tidur tidak lebih dari pukul 12 malam. Padahal dulu suka banget begadang sampe pagi. Entah karena kerjain tugas skripsi atau nonton film biar tidak stres. Karena sekarang lebih mikir kesehatan, jadi berusaha buat kerja tugas pagi atau siang untuk balikin jam tidur.

Tetap berolahraga ya?

Iya. Tapi sekarang olahraga ringan di rumah. Workout dari youtube gitu aja. Tidak lama kurang lebih setengah jam. Yang penting ada waktu buat olah raga.

Sarannya agar bisa tetap sehat selama pandemi?

Selain mengatur jam tidur, minum jus, wajib menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu menjaga jarak, pakai masker, sama mencuci tangan. Ketika pergi keluar selalu bawa hand sanitizer  ya..Terus di rumah juga selalu sedia desinfektan. 

Sebagai mahasiswa psikologi, menurut Nova apa yang perlu diwaspadai agar tetap sehat mental?

Betul. Selain fisik, yang harus dijaga adalah kesehatan mental. Seperti aku sekarang mengurangi menggunakan media sosial. Buka instagram kalau ada interaksi dengan orang lain misalnya lewat DM atau ada yang mention di story aku. Atau pas aku lagi ada acara resmi yang harus post story gitu. Aku sudah jarang banget scroll timeline di instagram hingga twitter. Dengan begitu bisa menghindari toxic social media. 

Bagaimana caranya menghindari toxic social media?

Caranya menjaga pikiran agar hati tetap damai. Kalau aku itu tadi kurangin bermedia sosial kecuali ada hal yang tertentu. Tidak lupa juga buat self love, bersyukur sama diri sendiri, tidak membanding- bandingkan diri dengan orang lain. Karena timeline tiap orang berbeda. Tujuan yang ingin dicapai berbeda. jadi lebih dibawa santai sih sekarang.(ara/dea)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news