Rabu, 03 Mar 2021
radarkediri
icon-featured
Politik

Pengungsi Ngetos Keracunan Mi: Kondisi Stabil setelah Dirawat 8 Jam

20 Februari 2021, 12: 29: 06 WIB | editor : Adi Nugroho

Kondisi

MEMBAIK: Tiga pengungsi yang dirawat di ruang IGD RSUD Nganjuk bersiap pulang setelah kondisi mereka pulih kemarin siang. (Iqbal Syahroni- radarkediri.id)

Share this          

Selang infus tidak lagi tertancap di tangan Purwanto, 22; Sunarsih, 22; dan Lutfiatun, 36; sekitar pukul 14.00 kemarin. Tiga pengungsi korban bencana tanah longsor Dusun Selopuro, Desa/Kecamatan Ngetos itu dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Nganjuk sejak pukul 01.00 dini hari kemarin.

Ketiganya dirujuk ke rumah sakit milik Pemkab Nganjuk itu karena kondisinya mengkhawatirkan. Meski demikian, setelah dirawat selama sekitar delapan jam, mereka berangsur membaik.

Klik untuk menonton video Keracunan di Pengungsian Longsor Ngetos - Radar Kediri TV

Selang infus yang sebelumnya menancap di tangan tiga orang itu sudah dilepas. “Sudah agak mendingan. Ini mau pulang,” kata Joko, suami Sunarsih, sembari memegangi tangan istrinya.

Dua pengungsi lain agaknya juga bersiap untuk pulang. Mereka asyik berbincang dengan keluarga yang menunggui di ruangan sembari menunggu penyelesaian administrasi.

Joko lantas menuturkan ihwal keracunan masal yang menimpa para pengungsi pada Kamis (18/2) malam hingga dini hari. “Saya makan mi ayam. Perut saya juga mual,” aku pria berjaket hitam itu.

Meski demikian, rasa mual yang dirasakan itu langsung diabaikan setelah melihat kondisi Sunarsih lebih parah. Wajah istrinya itu pucat. Dia juga mengeluhkan pusing mulai pukul 19.00.

Rupanya, keluhan itu tidak hanya dirasakan Joko dan Sunarsih. Puluhan pengungsi lain merasakan hal serupa. Bahkan, kondisi mereka semakin parah pada dini hari kemarin.

Setelah dievaluasi oleh petugas puskesmas, Sunarsih bersama Purwanto dan Lutfiatun langsung dirujuk ke RSUD Nganjuk. Menempuh jarak sejauh 15 kilometer, mereka tiba sekitar pukul 01.00 dini hari.

Meski sempat khawatir saat melihat kondisi awal istrinya, Joko mengaku lega karena Sunarsih dan dua korban lainnya baik-baik saja. “Ini tinggal menunggu jemputan (untuk kembali ke pengungsian, Red),” tutur Joko.

Klik untuk menonton video Keracunan di Pengungsian Longsor Ngetos - Radar Kediri TV

Terpisah, Humas RSUD Nganjuk Eko Santoso membenarkan tentang perawatan tiga pengungsi korban bencana alam itu. Menurutnya, tiga pasien tidak datang bersamaan.

Lutfi datang pertama, disusul Purwanto, dan Sunarsih paling akhir. Terkait kepulangan tiga pasien kemarin siang, menurut Eko mereka diperbolehkan pulang karena kondisinya sudah membaik.“Sudah memberitahu ke pihak rumah sakit (sudah sehat, Red),” beber Eko.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news