Rabu, 03 Mar 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Empat Pejabat Berebut Kursi Sekkota Kediri, Siapa Saja?

19 Februari 2021, 20: 20: 23 WIB | editor : Adi Nugroho

Sekda kota kediri

Pejabat Sekkota Kediri (Ilustrasi: Afrizal - radarkediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri - Panitia seleksi pimpinan tinggi pratama (PTP) sekretaris daerah (Sekda) Kota Kediri hari ini mengakhiri tugasnya. Setelah tiga kandidat terbaik berhasil terpilih.

“Baru besok (hari ini) diumumkan (tiga kandidat). Saat ini baru empat yang dinyatakan lolos,” terang Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kediri Un Achmad Nurdin saat dihubungi Jawa Pos Radar Kediri kemarin.

Tiga nama yang terpilih itu kemudian akan diserahkan ke Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sebagai pejabat pembina kepegawaian (PPK). Selanjutnya, satu orang akan dipilih untuk diajukan ke Gubernur Jawa Timur untuk pelantikan. “Sebelum dipilih, PPK akan mengirim tiga nama yang terpilih ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara),” kata Uun.

Hingga kemarin, Panitia Seleksi PTP Kota Kediri mengumumkan empat kandidat yang berhasil lolos dalam seleksi administrasi dan rekam jejak jabatan. Pengumuman tertuang dalam Nomor 800/198/419.203/2021 tertanggal 16 Februari dengan ditandatangani Ketua Panitia Seleksi PTP Sekda Kota Kediri Budwi Sunu. 

Disebutkan empat orang yang lolos adalah Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Edi Darmasto; Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Mochamad Ferry Djatmiko; Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Bagus Alit; dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Mohamad Anang Kurniawan.

Keempatnya berhasil lolos setelah melewati proses assesment, penulisan dan pemaparan makalan serta wawancara yang dilaksanakan pada Rabu (17/2) lalu bertempat di Ruang Soekarno Hatta Kantor BKPPD Kota Kediri. Empat kandidat yang berhasil lolos seleksi administrasi itu diminta menyiapkan makalah dengan tema pemulihan ekonomi selama pandemi. 

Sebelumnya, Pemkot Kediri mengumumkan secara terbuka seleksi posisi tertinggi di lingkungan ASN Pemkot Kediri. Hasilnya, pengumuman yang bisa diikuti peserta dari seluruh Provinsi Jawa Timur ini ternyata hanya diikuti dari Kota Kediri. “Tidak ada peserta dari luar Pemkot Kediri,” katanya. 

Untuk diketahui, pada proses seleksi yang dibuka sejak 5 Februari ditujukan untuk pejabat dengan golongan minimal IV B. Selain itu, sebelumnya pernah atau sedang menduduki dua posisi eselon 2 paling singkat selama dua tahun.

Sementara itu, para calon sekda saat dikonfirmasi tidak mau banyak berkomentar. Seperti Mochamad Ferry Djatmiko yang menjabarkan ulang apa yang akan dia kerjakan sesuai dengan makalah yang sudah dia presentasikan. “Sekda diminta untuk menuntaskan pemulihan ekonomi selama pandemi, program yang ada bisa dikembangkan lagi,” terangnya. Dia pun enggan menceritakan detail program yang akan dia kerjakan karena menunggu pengumuman dari wali kota. 

Hal senada juga disampaikan Mohamad Anang Kurniawan, sejauh ini dia hanya ikut prosedur. Bahkan saat ditanya optimistme, pria berkepala plontos ini hanya bisa pasrah karena masih mengikuti semua tahapan. Sedangkan Bagus Alit menyampaikan bahwa untuk kegiatan atau program yang bisa dikerjakan harus selaras dengan visi dan misi Wali Kota Kediri. Dia pun menolak menjelaskan detailnya. Sedangkan Edi Darmasto, sampai berita ini ditulis tidak memberikan respons terkait dengan pencalonannya menjadi Sekda Pemkot Kediri.(rq/dea) 

Kandidat Sekda Kota Kediri

No Nama Jabatan

Edi Darmasto Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang)

Moch. Ferry Djatmiko Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub)

Bagus Alit Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD)

Mohamad Anang Kurniawan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news