Rabu, 03 Mar 2021
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Modal Gergaji, Dua Warga Ngadiluwih Curi Kabel PLN di 4 Kecamatan

18 Februari 2021, 16: 25: 06 WIB | editor : Adi Nugroho

Curi kabel pln

UNGKAP MODUS: Septian Budi Prabowo (kiri) dan Eko Sunaryo memberi keterangan melalui layar monitor di PN Kabupaten Kediri kemarin. (HABIBAH A. MUKTIARA - Radar Kediri)

Share this          

NGASEM, JP Radar Kediri – Septian Budi Prabowo, 34, dan Eko Sunaryo, 30, terdakwa pencurian kabel Perusahaan Listrik Negara (PLN), mengakui perbuatannya. Dua pemuda Desa Dukuh, Ngadiluwih ini mengungkapkannya pada majelis hakim dan jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan telekonferensi di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri kemarin.

“Untuk mengambilnya saya buka kotak gardu kabel yang tidak dialiri listrik. Setelah terbuka, kabel langsung dipotong menggunakan gergaji,” ujar Eko melalui layar monitor di ruang sidang PN. 

Pencurian terjadi 18 Agustus 2020 di jalan Dusun Cangak, Desa Krandang, Kecamatan Kras sekitar pukul 14.00. Ada satu kabel besar berisi empat kabel tembaga warna merah, kuning, biru, dan hitam sepanjang 8 meter yang dicuri. Akibat pencurian ini, PLN merugi hingga Rp 10 juta. “Hasil penjualan kabel, kami bagi sama rata,” lanjut Eko.

Uang hasil pencurian tersebut, diakuinya, sudah habis. Septian dan Eko memakainya untuk biaya hidup sehari-hari. “Siapa yang punya ide mencuri?” tanya ketua majelis hakim M. Fahmi Hary Nugroho. 

Eko mengakui, dirinya yang punya ide. Sedangkan Septian yang mengawasi keadaan. Septian dan Eko ditangkap polisi 6 Oktober 2020 di lokasi berbeda.

Selain di Kras, keduanya juga mencuri kabel di 3 kecamatan lainnya. Yakni,  gardu PLN Tegalan, Gardu PLN Selosari, Gardu PLN Ngletih di Kecamatan Kandat, Gardu PLN Pojok Ngletih, Kecamatan Wates, dan Gardu PLN Selomanen, Kecamatan Ngadiluwih.

Akibat perbuatannya, JPU David Darwis menjerat pasal 363 ayat (1) KUHP tentang pencurian. “Sidang dengan agenda tuntutan akan kembali dibuka pada Selasa (23/2),” ujar Fahmi sambil menutup sidang yang berlangsung di ruang Cakra PN Kabupaten Kediri. (ara/ndr)

     

                                                                      

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news