Kamis, 24 Jun 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

PMI Kabupaten Kediri: Tunggu Dana untuk Pengadaan Alat Donor Plasma

17 Februari 2021, 17: 31: 07 WIB | editor : Adi Nugroho

Plasma

PELAKSANA TEKNIS: Seorang perempuan sedang menunggu pendonor darah di Kantor PMI Kabupaten Kediri kemarin (16/2) (DEWI AYU NINGTYAS - radar kediri)

Share this          

PARE, JP Radar Kediri – PMI Kabupaten Kediri belum miliki alat donor plasma konvalesen. Ini karena masih menunggu koordinasi dan alokasi dana untuk pengadaannya. 

“Kemarin sudah rapat koordinasi dengan dinas kesehatan (dinkes). Nanti diupayakan dari sana untuk pos anggaran,” terang Sekretaris PMI Kabupaten Kediri Triatmono Wahyoe Soepriyadi kemarin (16/2).

Saat ini, dia mengatakan, masih menunggu lanjutan koordinasi dinkes. Terkait donor plasma konvalesen, Triatmono mengakui, teknis pelaksanaan berbeda dengan donor darah umumnya. Dalam pelaksanaan nanti akan didiskusikan dengan PMI lainnya. 

Baca juga: Situs Tondowongo Kediri Akan Diekskavasi, BPCB Jatim Lakukan Ini

Meski demikian, dia sudah ada perencanaan untuk menjangkau pendonor plasma konvalesen di Kabupaten Kediri. Triatmono mengatakan, akan berkomunikasi dengan rumah sakit dan klinik yang menangani pasien Covid-19. Dari situ akan diketahui kemungkinan jumlah pendonor. 

“Kami akan menyurati rumah sakit yang menangani karantina Covid-19,” jelasnya. 

Setelah mengetahui data dari rumah sakit, PMI akan berkomunikasi dengan pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh untuk persetujuan donor. “Karena ini (donor plasma konvalesen, Red) tidak boleh memaksa,” tutur pria berkacamata itu. 

Mereka pun akan diperiksa jika memang memenuhi dapat dilakukan donor darah. Untuk kategori pendonor nantinya, Triatmono menerangkan pasien yang sudah sembuh Covid-19 tidak lebih dari tiga bulan, rentang usia 40 sampai 45 tahun, dalam kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit penyerta. (c2/ndr)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news