Kamis, 24 Jun 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Calon Donor Plasma di Kediri: Hanya 18 Persen yang Layak

09 Februari 2021, 16: 50: 02 WIB | editor : Adi Nugroho

Plasma darah

STOK: Petugas menunjukkan kantong darah di UTD PMI Kota Kediri. (Rekian - radar kediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri - Tak semua penyintas Covid-19 bisa dimanfaatkan plasma darahnya untuk donor plasma konvalesen. Bahkan, dari 100 orang yang terdata di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Kediri, hanya 18 orang yang memenuhi syarat. 

Di antara penyebab para penyintas itu tak bisa donor konvalesen adalah karena antibodinya sudah menurun. Selain itu juga para penyintas itu diberi batas waktu paling lama tiga bulan.

“Lewat tiga bulan sudah tidak bisa (melakukan donor konvalesen),” terang Penanggung Jawab Pengambilan Donor Plasma Konvalesen Fatra Zapran Kusuma kemarin.

Baca juga: Terjerat Kasus Jual Beli Jabatan, Eks Camat Kras Kediri Minta Bebas

Sedikitnya jumlah pendonor itu membuat stok plasma pun tak terlalu banyak. Jumlah plasma yang ada di PMI hingga kemarin hanya enam kantong. Jenisnya golongan AB. Bahkan, enam kantung plasma konvalesen yang tersisa tersebut sudah dipesan rumah sakit.

Selain itu, stok plasma konvalesen ini tidak bisa lama disimpan di PMI. Karena stok yang sulit itulah rumah sakit yang butuh harus inden terlebih dulu. 

“Biasanya stok tersedia karena ada permintaan,” jelasnya. 

Sementara itu, bila stok plasma konvalesen langka, tidak begitu dengan stok darah lainnya. Hingga kemarin jumlah stok darah di UTD PMI Kota Kediri sebanyak 317 kantong. 

Selain jenis plasma konvalesen, ada empat produk darah lainnya masuk stok PMI Kota Kediri. Rinciannya adalah whole blood (WB) sebanyak 58 kantung, packed red cell (PRC) sebanyak 208 kantung, thrombocyte concentrate (TC) sebanyak tujuh kantung, dan fresh frozen plasma (FPP) sebanyak 38 kantung.

Namun, ada dua produk darah yang kosong. Yaitu adalah liquid plasma (LP) dan TC Apheresis. 

Masih menurut Fatra, stok tersebut sangat fluktuatif. Bisa berubah dengan cepat. “Jumlah stok yang masuk (ke PMI Kota Kediri, Red) bisa berubah dalam hitungan jam,” ungkapnya. 

Tiap golongan darah stoknya juga berbeda. Untuk golongan darah A paling banyak adalah stok PRC. Jumlahnya 47 kantong. Kemudian WB 14 kantong, FFP 10 kantong, dan TC dua kantong. Selanjutnya golongan darah B terdiri dari PRC 51 kantong, WB 20 kantong, FFP enam kantong, dan TC satu kantong. Berikutnya golongan darah O, mulai PRC 85 kantong, WB 15 kantong, FFP 13 kantong, dan TC hanya empat kantong. Dan terakhir adalah golongan darah AB, yang terdiri dari PRC sebanyak 25 kantung, WB sembilan kantung, FFP sembilan kantung, dan plasma konvalesen enam kantung.(rq/fud) 

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news