Selasa, 22 Jun 2021
radarkediri
Home > Features
icon featured
Features

Kapolres Kediri AKBP Lukman: Jangan Masa Bodoh

24 Januari 2021, 18: 19: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

Kapolres Kediri

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono (LU’LU’UL ISNAINIYAH - radar kediri)

Share this          

Di sela-sela rutinitas cukup padat selama menjabat kapolres, AKBP Lukman Cahyono menyempatkan diri berolahraga untuk menjaga imunitas. Ia pun meminta masyarakat untuk tidak bosan menerapkan protokol kesehatan.

Saat ini Kabupaten Kediri dan sekitarnya sedang diberlakukan PPKM. Bagaimana pelaksanaannya?

Inti dari PPKM ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di beberapa daerah Jawa dan Bali. Untuk Jawa Timur awalnya hanya di wilayah Surabaya Raya dan Malang Raya. Tapi ditambah di wilayah yang berada di zona merah. Termasuk di wilayah Kabupaten dan Kota Kediri. 

Baca juga: Korban Sriwijaya Air: Ibu dan Anak Bungsu Dikubur Satu Liang Lahat

Yang dibatasi kegiatan apa saja?

Yang dilakukan pembatasan itu tempat usaha dengan batasan buka maksimal pukul 20.00, mall dan pusat perbelanjaan pukul 19.00. Juga tempat ibadah dibatasi dengan kapasitas 50 persen. Untuk kegiatan belajar melalui daring. Dan pembatasan aktivitas mobilisasi masyarakat. Seperti dilarang kegiatan mengumpulkan massa, yaitu hajatan, dan kegiatan budaya lainnya.

Lalu bagaimana jika ada yang melanggar? Sanksi apa yang harus dikenai?

Sanksi yang diberikan sudah diatur sesuai peraturan daerah maupun di peraturan bupati. Seperti kegiatan yustisi denda bagi yang tidak memakai masker. Juga tempat usaha ada sanksi berupa denda uang atau penutupan tempat usaha. Tentunya yustisi lebih ditingkatkan, tadinya sehari dua kali, ini bisa empat kali. Harus ada perbedaan supaya masyarakat paham jika PPKM sudah diberlakukan.

Apakah benar PPKM akan diperpanjang?

Akan ada perpanjangan dua minggu ke depan sampai masuk bulan 8 Februari. Karena sampai saat ini PPKM belum maksimal untuk tekan Covid-19. Mengingat angka kenaikan kasus semakin tinggi, jadi harus ada perpanjangan.

Bagaimana cara Anda menjaga kesehatan dan kebugaran selama masa pandemi?

Saya dan anggota paling penting menjaga imunitas masing-masing. Dengan cara pola hidup bersih dan sehat. Kedua tentang 3M masih menjadi senjata efektif untuk mencegah virus tersebut. Ketiga rutin melakukan olahraga dan makan makanan sehat. Setiap  masing-masing individu memiliki trik bagaiaman bisa menjaga kebugaran tubuh. 

Olahraga apa yang Anda lakukan akhir-akhir ini?

Untuk saat ini olahraga sederhana. Joging pagi dan bulu tangkis. Tujuannya untuk menambah imunitas. Ini rutin saya lakukan tiap hari. Khusus bulu tangkis hari Jumat.

Apa pesan Anda untuk warga selama masa pandemi saat ini?

Pesan dari saya, kondisi ini sudah terlalu lama. Namun kita tidak boleh lengah, karen Covid ini tidak semakin turun malah semakin meningkat. Jadi jangan pernah bosan atau masa bodoh. Karen kita harus menjaga diri kita dan keluaga. Juga menerapkan protokol kesehatan yang paling penting. (luk/dea)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news