Minggu, 24 Jan 2021
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Vaksinasi Korona di Kediri: GTPP Waspada Hal Ini

13 Januari 2021, 13: 13: 14 WIB | editor : Adi Nugroho

Vaksin korona

SASARAN VAKSIN: Tenaga kesehatan menjadi salah satu kelompok pertama yang akan mendapatkan vaksin Covid-19. (ANDHIKA ATTAR - radar kediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri - Vaksinasi Covid-19 di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia rencananya akan berlangsung mulai Kamis (14/1) besok, termasuk Kota Kediri. Saat itu pengakses server yang digunakan untuk data penerima vaksin bakal meningkat. Karena itu, pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Kediri mewaspadai terjadinya gangguan pada server tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun Jawa Pos Radar Kediri, potensi gangguan jaringan dan server tersebut sudah diwaspadai oleh Pemkot Kediri. “Karena yang mengakses seluruh Indonesia,” ujar Jubir GTPP Covid-19 Kota Kediri Fauzan Adima.

Karena itulah pemkot mengimbau kepada para petugas vaksinasi terkait potensi gangguan itu selama pelaksanaan vaksinasi. Sehingga dapat segera menyiapkan rencana cadangan. Terlebih supaya tidak ada gejolak pada saat pelaksanaan vaksinasi.

Korona kediri

(Grafis: Afrizal - radar kediri)

Salah satu rencana cadangan yang perlu dilakukan oleh para petugas vaksinasi adalah dengan melakukan pencatatan manual. “Hal ini juga sesuai dengan instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI,” imbuh pria berkacamata tersebut.

Meskipun begitu, pemkot memastikan bahwa pelaksanaan vaksinasi nantinya bisa berjalan dengan baik. Terlebih sistem yang digunakan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Sehingga dipastikan telah terintregasi dengan baik.

Nantinya, dalam setiap hari akan ada 20 dosis vaksin di setiap puskesmas. Yang akan diberikan kepada 20 orang penerima. 

Di Kota Kediri, vaksinasi tersebut dilakukan pada 15 titik yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri. “Pelaksanaan vaksin ada di sembilan puskesmas dan enam rumah sakit (RS),” terang pria yang juga menjabat sebagai kepala Dinkes Kota Kediri tersebut.

Fauzan juga meminta masyarakat Kota Kediri agar tidak perlu khawatir dalam melakukan vaksinasi. Pasalnya vaksin ini juga telah melewati uji klinis tahap III dengan hasil tingkat keamanan tinggi. Selain itu, vaksin ini juga telah mengantongi sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Jadi saya harapkan warga Kota Kediri tidak perlu takut dan ragu untuk vaksinasi ini. Sudah dipastikan aman dan halal,” tandas pria kelahiran tahun 1972 tersebut.

Untuk diketahui, vaksinasi tersebut akan dilaksanakan di RSUD Gambiran, RS Bhayangkara, RS Baptis, RS DKT, RS Muhammadiyah, dan RS Lirboyo. Sedangkan yang di puskesmas berada di Puskesmas Mrican, Campurejo, Sukorame, Balowerti, Kota Wilayah Utara, Kota Wilayah Selatan, Pesantren I, Pesantren II, dan Ngletih. (tar/fud)

ANDHIKA ATTAR - radar kediri

SASARAN VAKSIN: Tenaga kesehatan menjadi salah satu kelompok pertama yang akan mendapatkan vaksin Covid-19.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia