Minggu, 24 Jan 2021
radarkediri
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Revitalisasi agar Ledokan Ramai Lagi

Jadi Pilot Project Pasar-Pasar yang Lain

06 Januari 2021, 17: 13: 52 WIB | editor : Adi Nugroho

BAKAL BERUBAH: Suasana Pasar Ledokan, Kelurahan Dandangan, Kecamatan Kota kemarin.

BAKAL BERUBAH: Suasana Pasar Ledokan, Kelurahan Dandangan, Kecamatan Kota kemarin. (ANDHIKA ATTAR/JPRK)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri- Pemkot Kediri berencana akan melakukan revitalisasi Pasar Ledokan. Pasar yang berada di Kelurahan Dandangan, Kecamatan Kota ini sudah tidak layak. Suasananya tidak nyaman dan sepi transaksi.

Meskipun selama ini sepi aktivitas perdagangan, pemkot melihat pasar ini masih punya potensi. Karena itu rencana revitalisasi pun disiapkan.

“Benar, pasar tersebut kami rencanakan akan dibenahi,” ucap Kabid Pemerintahan Pembangunan Manusia, Perekonomian, dan Infrastruktur Disperdagin Kota Kediri Erwin Sukarno.

Pasar yang berada di pojokan Jalan Sersan KKO Usman tersebut merupakan aset esensial untuk masyarakat setempat. Sayang, penataan pasar tersebut tak maksimal. Kurang bisa menyuguhkan suasana nyaman. Salah satunya adalah sirkulasi udara yang kurang tertata.

Lemahnya penataan itulah yang membuat pasar ini jadi tidak menarik. Sehingga aktivitas di pasar tersebut kurang maksimal. Pasar pun jadi sepi pengunjung. Padahal potensi perputaran perekonomian di pasar ini dianggap masih bisa menghasilkan.

Berdasarkan data yang dihimpun koran ini, kios-kios yang ada di Pasar Ledokan bisa menampung sekitar 125 pedagang. Hanya, yang mengisi tidak sampai separonya.

“Sekarang hanya tinggal sekitar 40 pedagang saja yang aktif,” imbuh Erwin.

Selain permasalahan sirkulasi udara tersebut, ada lagi beberapa kekurangan yang dirasakan. Antara lain trotoar yang sudah rusak, fasilitas penunjang yang kurang nyaman, dan ketersedian tempat parkir yang belum memadai.

Disperdagin Kota Kediri mengaku telah menyiapkan desain rencana revitalisasi pasar tersebut. Desain pasar ini nantinya akan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Namun pihak disperdagin juga akan tetap mempertahankan orisinalitas pasar tersebut.

Menurut Erwin, sejumlah titik yang akan dibenahi adalah gerbang masuk, perbaikan sirkulasi udara, dan area khusus pedagang kaki lima (PKL). Area khusus PKL disiapkan karena banyak didapati PKL yang berjualan di sepanjang jalan Sersan KKO Usman.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Dandangan Trio Rendarwanto menyambut baik rencana tersebut. Dia mengatakan masyarakat juga telah memiliki visi untuk membuat pasar tersebut menjadi ramai kembali.

“Pada dasarnya kami sangat mendukung program yang baik ini, tetapi masih diperlukan pendekatan personal kepada PKL terkait program tersebut,” tandasnya.

Untuk diketahui, rencana revitalisasi ini merupakan proyek pilot sebelum nantinya diterapkan di lokasi lain. Pemkot Kediri berharap upaya tersebut dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. Selain itu keberadaan Pasar Ledokan dapat lebih maksimal lagi ke depannya. (tar/fud)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia