Jumat, 04 Dec 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik
Jadi Cagar Budaya

Temukan Inskripsi Zaman Airlangga di Joho

Bisa Dimanfaatkan untuk Wisata Khusus

21 November 2020, 15: 05: 18 WIB | editor : Adi Nugroho

Sejarah

BERSEJARAH: Kasi Sejarah, Museum, dan Kepurbakalaan Amin Fuadi membersihkan inskripsi di dinding gua Jurang Limas, Desa Joho, Pace. (Disparporabud Nganjuk for radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Jejak sejarah di Kota Angin kembali terkuak. Yang terbaru, Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Nganjuk menemukan inskripsi yang diperkirakan dari zaman Kerajaan Kediri. Lokasinya, berada di dinding gua Jurang Limas, Desa Joho, Pace.

Dari jalan pedesaan, gua yang dikenal warga sebagai tempat bertapanya raja Airlangga itu berjarak sekitar 2,5 kilometer. Untuk mencapai ke lokasi, perjalanan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki sejauh 1,5 kilometer. “Sepeda motor hanya bisa masuk sejauh satu kilometer,” ujar Kepala Disparporabud Fajar Judiono melalui Kasi Sejarah, Museum, dan Kepurbakalaan Amin Fuadi.

Terkait asal inskripsi, menurut Amin sesuai kajian sejarah, tulisan di batu itu diperkirakan dibuat pada tahun 1176 atau 1178 Masehi. Inskripsi di mulut gua itu bisa menandakan lambang sekte kepercayaan masa lalu atau candra sengkala.

Lambang tersebut juga pernah ditemukan di nisan yang ada di wilayah Kediri dan di Desa Sumberwindu, Berbek. Di dekat gua yang ada inskripsinya, menurut Amin ada gua kecil di samping gua utama. Lokasinya yang jauh dari pemukiman membuat tempat itu aman dari ulah iseng manusia.

Agar tetap terjaga keaslisannya, Disparporabud akan memasang peringatan larangan merusak tempat cagar budaya. “Ini (inskripsi, Red) tidak bisa dievakuasi. Tempat ini bisa jadi tempat wisata khusus. Misalnya orang yang suka hiking atau kelompok yang mengkaji sejarah,” jelas Amin yang juga menemukan menhir berjarak sekitar dua kilometer dari lokasi.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia