Jumat, 04 Dec 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Dhito Paparkan Program untuk Pelatihan Penanaman

Kembangkan Sektor Perkebunan Kopi

19 November 2020, 18: 10: 20 WIB | editor : Adi Nugroho

PEDULI MASYARAKAT : Cabup Dhito Pramono dan Cawabup Dewi Mariya Ulfa berdoa sebelum mengikuti debat publik kedua, Selasa lalu (17/11).

PEDULI MASYARAKAT : Cabup Dhito Pramono dan Cawabup Dewi Mariya Ulfa berdoa sebelum mengikuti debat publik kedua, Selasa lalu (17/11). (Othor for JPRK)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri- Sejumlah program dipaparkan calon bupati (Cabup) Kediri Hanindhito Himawan Pramono pada debat publik kedua di Surabaya, Selasa lalu (17/11). Salah satunya adalah program pengembangan sektor perkebunan kopi. Sektor tersebut diprediksi dapat mendongkrak kemajuan pertanian di kabupaten.

         Dhito memaparkan sejumlah potensi di Kabupaten Kediri yang perlu dikembangkan. Salah satunya adalah pembangunan perekonomian di Kabupaten Kediri di sektor pertanian dan perkebunan.  “Ada kebun kopi di Kabupaten Kediri yang sangat potensial. Setelah saya cek ada kebun kopi di Mojo,” ujarnya.

Dari pengamatannya, para petani kopi selama ini hanya diberi pelatihan pada saat pengemasan dan produksinya saja. Akan tetapi, petani tidak diberi pengarahan bagaimana penanaman yang benar. Sehingga mendapat hasil yang berkualitas. “Mereka tidak pernah diberi pelatihan mulai penanaman dan penanganan hasil panen,” jelasnya.

Salah satu contohnya adalah memisahkan, mengupas, mencuci dan mengeringkan. Jika hal itu bisa dilakukan dengan baik, Dhito yakin kopi Kabupaten Kediri bisa bersaing dengan kopi di skala nasional. “Kalau betul-betul kita dalami dan kita pahami, maka ini akan menjadi aset Kabupaten Kediri yang bisa diekspor melalui bandara di Kabupaten Kediri,” ujarnya.

Di Kabupaten Kediri sendiri, selain di Kecamatan Mojo, beberapa potensi kopi telah dipetakan. Seperti di lereng Kelud seperti Kecamatan Kepung, Puncu, Plosoklaten dan Ngancar. Kemudian lereng Gunung Anjasmoro di Kecamatan Kandangan. (din/baz)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia