Jumat, 04 Dec 2020
radarkediri
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi
ENEEK AE

Lepas Avanza demi Empat Variegata

19 November 2020, 13: 00: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

BIKIN WOW!: Iqbal Akbar melihat tiga tanaman yang dia akui diperoleh melalui barter dengan mobil Toyota Avanza seharga Rp 105 juta!

BIKIN WOW!: Iqbal Akbar melihat tiga tanaman yang dia akui diperoleh melalui barter dengan mobil Toyota Avanza seharga Rp 105 juta! (LU’LU’UL ISNAINIYAH/JPRK)

Share this          

Bagi Iqbal Akbar Mohammad, nilai empat tanaman ini sangatlah mahal. Maka, ketika sang pemilik mengajaknya barter dengan mobil Toyota Avanza miliknya, dia langsung mengiyakan. Itupun tanpa pikir panjang. Langsung deal!

Kolektor sekaligus seller tanaman hias asal Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri ini memang mengaku telah lama menginginkan empat jenis tanaman hias itu. Namun, beberapa kali sang pemilik, yang biasa dia panggil Nonek, tak pernah mau melepas.

“Dari dulu saya bilang mau beli. Minta berapa saja (saya) mau bayar. Cuma sama orangnya gak boleh terus,” aku pemuda 23 tahun ini.

Sang pemilik lama tanaman itu beralamat di Wates. Setiap kali dia ke tempat Nonek, Iqbal tak pernah lelah mengincar. Berkali-kali tawarannya ditolak, justru memacu motivasinya mendapatkan sang tanaman. 

Hingga akhirnya Nonek bersedia melepas tanamannya. Namun, dia meminta ditukar dengan mobil Toyota Avanza tahun 2010 milik Iqbal. Dan, tanpa panjang pikir, Iqbal langsung menyetujui.  

“Orangnya bilang kalau gak bisa naik mobil tapi pingin tukar (tanaman) sama mobil saya,” ungkapnya.

Menurut Iqbal, mobilnya itu dia beli seharga Rp 107 juta. Saat tukar-menukar dengan empat tanaman itu, nilainya menjadi Rp 105 juta. Sesuai kesepakatan dengan kedua belah pihak. 

Lalu, apa sih tanaman hias yang membuat Iqbal tak keberatan melepas mobil seharga ratusan juta itu? Empat tanaman itu terdiri dari tiga jenis phillodendron dan satu caladium. Yaitu philodendron florida beauty, strawberry shake variegata, caramel marble variegata, dan caladium.Iqbal mengaku tertarik membeli karena memang menyukai yang berjenis variegata. Terutama dari sisi corak daun dan ukuran daunnya. 

Aksi barter tanaman dengan mobil itu sempat viral di medsos dalam beberapa hari terakhir. Video berdurasi 15 detik yang menunjukkan Iqbal menerima tanaman dari Nonek di depan mobil yang dijadikan pembayar itu menyebar dari satu medsos ke medsos lain.

Iqbal mengaku tak berniat memviralkan aksinya membeli tanaman dengan cara yang tidak umum itu. Dia hanya bermaksud menjadikan dokumentasi pribadi saja. Yang merekam saat itu adalah kakaknya, Ilham Akbar Soleh. 

“Saya gak ada niatan untuk nyebar video itu. Tapi gak tahu siapa yang nyebar. Pikir saya untuk kenang-kenangan saja,” aku Iqbal saat ditemui di kios bunganya kemarin (18/11).

Iqbal memang pelaku bisnis tanaman. Namun, kios bunga itu adalah milik kakaknya, yang sudah menggeluti bisnis ini sejak 13 tahun lalu. Sedangkan baru 3 tahun yang lalu mulai menyukai jenis-jenis tanaman hias. Saat ini khusus berperan sebagai marketing di kios kakaknya. 

“Semenjak Covid-19 saya mulai menggeluti dan mempelajari bunga-bunga. Sebelumnya saya gak kepikiran kalau bisa menjual bunga bahkan hingga ke pasar luar kota,” akunya.

Menariknya, mobil yang dijadikan alat barter itu masih berada di garasinya. Sementara, empat tanaman itu sudah ada di kiosnya. Bahkan, salah satunya, yang caladium, sudah laku. Sayangnya, Iqbal enggan menyebutkan berapa harga tanaman hias itu terjual. “Pokoknya mahal,” elaknya. (luk/fud) 

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia