Jumat, 04 Dec 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang

Hujan Deras Mengguyur Wilayah Kediri

22 Oktober 2020, 17: 01: 36 WIB | editor : Adi Nugroho

GENANGAN: Kendaraan melintasi jalanan yang basah oleh guyuran hujan di wilayah Purwoasri, Kabupaten Kediri  kemarin.

GENANGAN: Kendaraan melintasi jalanan yang basah oleh guyuran hujan di wilayah Purwoasri, Kabupaten Kediri kemarin. (HABIBAH A. MUKTIARA/JPRK)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri- Hujan deras mengguyur wilayah Kediri kemarin. Hujan yang berlangsung hampir dua jam itu di beberapa wilayah juga disertai angin kencang. Hingga membuat beberapa pohon bertumbangan.

Insiden pohon tumbang itu terutama terjadi di wilayah Kota Kediri. Berdasarkan keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, setidaknya tiga pohon tumbang di tiga titik berbeda di Kecamatan Kota. Masing-masing di Kelurahan Manisrenggo, Ngronggo, dan Kampungdalem.

“Hampir serentak (tumbangnya). Setelah kami menerima laporan langsung meluncur ke lokasi,” terang Operator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jaenal Arifin.

Pihak BPBD mengerahkan dua tim untuk membereskan persoalan itu. Delapan personel dikerahkan untuk melakukan asesmen dan evakuasi.

Berdasarkan keterangannya, dua titik yang parah adalah yang tumbang di Jalan Sersan Suharmaji Manisrenggo dan Jalan Perintis Kemerdekaan Ngronggo.

Di Jalan Sersan Suharmaji ada sebuah pohon yang tumbang di depan sebuah toko. Pohon tersebut patah batangnya. Beruntung pada saat ranting dan batang jatuh tidak menimpa pejalan kaki atau pengendara yang lewat.

“Tidak ada korban manusia akibat pohon yang tumbang tersebut,” imbuhnya.

Namun patahan pohon sempat menimpa lima sepeda motor yang sedang parkir di bawahnya. Meskipun begitu kerusakannya relatif ringan. Tidak sampai menyebabkan kerusakan yang berarti. Tercatat hanya satu unit sepeda motor yang rusak kaca spionnya.

Selain menimpa lima sepeda motor, pohon yang tumbang juga membuat sebuah rambu lalu lintas rusak. “Kerugian material tersebut kami perkirakan juga tidak sampai tinggi,” sambungnya.

Sementara itu di Jalan Perintis Kemerdekaan Ngronggo ada pohon yang tumbang akibat terjangan angin kencang sesaat. Bahkan pohon tersebut tumbang dari akarnya. Pihaknya sempat kebingungan lantaran pohon itu sempat menimpa kabel milik PT Telkom.

Jaenal dan rekan-rekannya mengaku harus berhati-hati dalam melakukan pembersihan. Pihaknya tidak ingin menambah parah keadaan. Terlebih membuat kabel tersebut putus. Mereka sampai harus menaiki atap armada D-Max BPBD untuk memudahkan proses pemotongan pohon.

“Untungnya tidak sampai putus kabelnya. Pohon yang tumbang tersebut juga bisa kami bereskan,” tandas Jaenal.

Lebih lanjut Jaenal mengatakan bahwa di Jalan Brigjen Katamso tercatat hanya ada ranting-ranting yang patah. Kondisi tersebut tidak sampai menimbulkan kemacetan atau kerugian material lainnya. Namun pihaknya tetap melakukan pembersihan di sana. (tar/fud)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia