Jumat, 04 Dec 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik
Pilkada Kediri 2020

LSM Ingin Pemilihan Kepala Daerah Berjalan Adil dan Netral

22 Oktober 2020, 12: 10: 08 WIB | editor : Adi Nugroho

SAMPAIKAN ASPIRASI: Pengunjuk rasa mendatangi Kantor KPU Kabupaten Kediri kemarin.

SAMPAIKAN ASPIRASI: Pengunjuk rasa mendatangi Kantor KPU Kabupaten Kediri kemarin. (MOCH. DIDIN SAPUTRO -radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Lembaga swadaya masyarakat (LSM) menginginkan pemilihan kepala daerah (pilkada) berjalan adil dan netral. Suara tersebut mereka sampaikan lewat aksi di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri kemarin.

Koordinator Aksi Tomi Ariwibowo mengatakan, kedatangan mereka untuk menuntut komisioner KPU benar-benar jujur dalam pelaksanaan pilkada. Untuk itu, peserta aksi menginginkan komisioner untuk melakukan sumpah di hadapan mereka.

"Dengan aksi ini, sekali lagi kami kembali berharap kepada KPU, agar dapat berlaku adil dan netral. Jangan sampai terjadi kecurangan. Karena dalam pilkada ini kami benar-benar ingin suara yang sah dan ingin sosok kepala daerah yang benar-benar diinginkan masyarakat," tegasnya.

Dalam aksi di Jalan Pamenang Ngasem tersebut mereka juga menabur bunga dan menyalakan dupa. Termasuk membakar kemenyan. Tak hanya itu, doa bersama juga dilakukan.

Sementara Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri Anwar Ansori yang mewakili KPU dalam menemui pengunjuk rasa tersebut menegaskan jika dirinya tak mau disumpah. Itu karena dirinya bersama jajaran KPU lainnya telah melakukan sumpah secara resmi pada saat dilakukannya pelantikan.

"Saya kira saya tak perlu menanggapi sumpah dari mereka. Mengingat saya sendiri sebelumnya telah disumpah secara agama yang sah," ungkapnya.

Anwar mengatakan, KPU hingga detik ini terus berupaya berbuat adil, juga netral dalam setiap tahapan pilkada. Contohnya adalah beberapa tahapan yang menurutnya merupakan tindakan adil serta netral yang telah dilakukan KPU. Seperti membuka pendaftaran dari jalur perseorangan yang dianggap wujud KPU dalam memfasilitasi masyarakat dan memunculkan calon lain dalam Pilkada Kabupaten Kediri nanti.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia