Minggu, 25 Oct 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Masyarakat Harus Ikut Menjaga

18 Oktober 2020, 17: 00: 03 WIB | editor : Adi Nugroho

GUNDUL: Penebangan hutan menyebabkan sejumlah kerawanan bencana yang berdampak bagi masyarakat.

GUNDUL: Penebangan hutan menyebabkan sejumlah kerawanan bencana yang berdampak bagi masyarakat. (MOCH. DIDIN SAPUTRO/ JP Radar Kediri.)

Share this          

Aktivis lingkungan mendorong pada semua elemen masyarakat untuk bersama berkomitmen menjaga hutan. Dari kondisi di lapangan, kawasan hutan di lereng Wilis kini memang mengkhawatirkan. Aktivis Suar Indonesia Sanusi mengungkapkan, sejauh ini Perhutani belum melakukan upaya secara maksimal. “Harapan kami adalah bagaimana Perhutani sebagai pemangku kepentingan itu melakukan upaya menjaga hutan ini dan menegakkan hukum,” kata Sanusi.

Apabila tidak ada penegakan hukum, menurutnya, ke depan yang terjadi adalah sesuatu yang terulang. Termasuk kondisi yang dikhawatirkan tak bisa terkendali.

Dia mencontohkan kondisi di sepanjang perjalanan menuju kawasan Air Terjun Ngleyangan. Banyak pohon yang ditebang kemudian dibakar. Lahan di kanan kiri jalan juga banyak yang gundul. “Medan sulit, apalagi kalau musim hujan. Jadi menurut saya harus ada tindakan sejak dini,” tegasnya.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah pemberdayaan-pemberdayaan di masyarakat. Selama ini, lembaga masyarakat daerah hutan (LMDH) memang ada. Akan tetapi untuk pemberdayaan masyarakatnya belum maksimal. “Harapan kami, ketika ada pemberdayaan desa hutan, maka masyarakat bisa ikut menjaga hutan,” harapnya. (din/baz)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia