Kamis, 22 Oct 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Polda Jatim Soroti Marka KTL di Nganjuk

17 Oktober 2020, 12: 31: 50 WIB | editor : Adi Nugroho

KTL

INSPEKSI: Kasi Audit dan Inspeksi Ditlantas Polda Jatim Kompol Kasiani memberikan pengarahan usai mengecek Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) mulai Jl Anjuk Ladang hingga Jl Ahmad Yani Kota Nganjuk kemarin. (Iqbal Syahroni- radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk – Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) di Nganjuk jadi sorotan Polda Jatim. Dalam inspeksi penilaian KTL kemarin, Ditlantas Polda Jatim meminta agar marka jalan di sana segera diremajakan.

Kasi Audit dan Inspeksi Ditlantas Polda Jatim Kompol Kasiani mengungkapkan, sebenarnya KTL di Kabupaten Nganjuk tahun ini sudah mulai membaik. Meski demikian, tetap memerlukan beberapa pembaruan.

Berdasar pantauan perwira dengan pangkat satu melati di pundak ini, masih ada beberapa titik yang harus diperbaiki. Terutama marka jalan. “Beberapa marka sudah agak pudar. Perlu dirapikan,” katanya.

KTL

BUTUH PERBAIKAN: Tim Polda Jatim mengecek kondisi rambu-rambu di dekat SMAN 2 Nganjuk kemarin. (Iqbal Syahroni- radarkediri.id)

Tidak hanya itu, dia juga menyoroti zona sekolah dan zebra cross di dekat SMAN 2 Nganjuk. Daerah yang masuk KTL tersebut menurutnya harus dipertegas lagi rambu-rambunya. Baik untuk zebra cross maupun rambu lain. 

Sehingga, pengguna jalan lain yang melintas bisa memahami.

“Harus berhenti, kah, atau mengurangi kecepatan. Itu semua harus jelas bagi pengendara,” terang wanita berkacamata itu sambil mengecek sejumlah indikator lewat kertas yang ada di tangannya.

Tak hanya menyoroti beberapa titik tersebut, Kasiani juga memperhatikan sejumlah trotoar yang sudah rusak. Dia juga meminta agar sarpras tersebut diperbaiki. Apalagi, trotoar berada di daerah padat atau pusat perekonomian.

Kasiani menegaskan, peningkatan kualitas KTL di Nganjuk tergantung dari kekompakan setiap elemen yang terlibat. Mulai Satlantas Polres Nganjuk, Satpol PP Nganjuk, Dishub Nganjuk, dan juga Dinas PUPR Nganjuk. “Selain untuk keselamatan berkendara, juga untuk mempertegas rambu serta marka jalan yang ada di KTL,” tandasnya.

Dalam kesempatan kemarin Kasiani juga memberi catatan untuk beberapa jalan yang mungkin ditemukan bergelombang, berlubang. Dia meminta Pemkab Nganjuk segera memperbaikinya. Jalan di pusat Kota Nganjuk itu menurut Kasiani harus dalam kondisi baik.

Terutama untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Termasuk KTL ini juga untuk penindakan apabila melanggar rambu juga sanksinya lebih berat,” imbuhnya.

Terpisah, Kanitlaka Satlantas Polres Nganjuk Ipda Sugino menjelaskan, di sepanjang KTL Nganjuk mulai Jl Anjuk Ladang merupakan titik pantauan Satlantas Polres Nganjuk. “Sekitar dua bulan tidak ada laporan kecelakaan (di Anjuk Ladang),” imbuhnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia