Jumat, 30 Oct 2020
radarkediri
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Pasar Tepis Isu Buka, Pedagang Minta Jangan Kelamaan

Blok D Masih Tutup

28 September 2020, 17: 10: 21 WIB | editor : Adi Nugroho

PASAR: Sebagian pedagang blok D Pasar Setonobetek masih beraktivitas kemarin.

PASAR: Sebagian pedagang blok D Pasar Setonobetek masih beraktivitas kemarin. (ANDHIKA ATTAR/JPRK)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri- Penutupan sebagian los di Blok D Pasar Setonobetek membuat pedagang kelimpungan. Mereka berharap agar penutupan blok untuk pedagang sayur dan pracangan itu tak berlangsung lama.

Menurut pedagang, penutupan itu berdapak psikologis pada masyarakat. Membuat mereka enggan berbelanja sayur yang berasal dari tempat itu. Hal itu berpengaruh pada pendapatan para pedagang.

“Saya sendiri waktu akan ditutup sempat meminta jangan lama-lama,” aku seorang pedagang sayuran di blok D bernama Yuli, 40 kemarin.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, penutupan beberapa los di blok tersebut berdampak terhadap pendapatan harian para pedagang. Meskipun aktivitas pedagang tidak sepenuhnya terhenti namun transaksi tidak berjalan seperti biasa. Omzet pedagang mengalami penurunan bahkan hingga separo dari waktu sebelum penutupan.

Imbas tak hanya terasa pada pedagang yang ada di blok D saja. Yuli mengatakan banyak pedagang sayur keliling yang juga merasakan dampak itu. Sebagian warga yang mereka datangi enggan membeli bila sayuran berasal dari Pasar Setonobetek..

“Kalau sayurnya dari sini beberapa warga perumahan memilih untuk tidak beli,” ucapnya menirukan keluhan pedagang sayur keliling yang biasanya mengambil dagangan di tempatnya.

Menurut Yuli, biasanya pedagang sayur keliling selalu kulakan setiap hari. Namun dengan kondisi seperti sekarang ini hanya menjadi tiga hari sekali.

Sebenarnya, sempat beredar kabar bahwa penutupan blok tersebut akan berakhir hari ini. Kabar itu sudah beredar dari pedagang ke pedagang. Banyak yang memercayai hal itu. Meskipun, akhirnya, berita ini dibantah oleh pihak koordinator pasar.

“Kabarnya sih Senin (hari ini, 28/9, Red) ini akan dibuka kembali (blok D),” aku Yuli.

Yuli mengakui bahwa kabar tersebut baru didapatkan dari kalangan pedagang semata. Pihak pengelola pasar setempat belum memberikan keterangan langsung terkait isu pembukaan tersebut.

Koordinator Pasar Setonobetek Kota Kediri Shaenudin menegaskan bahwa isu pembukaan hari ini tidak benar. Dia mengatakan pihaknya belum mendapat tembusan atau perintah membuka dari PD Pasar Joyoboyo Kota Kediri.

“Belum ada petunjuk dari pimpinan. Sementara belum akan dibuka,” tandasnya.

Meskipun begitu Shaenudin mengaku bahwa menyadari keluhan para pedagang yang berharap agar segera dapat dibuka. “Maunya pedagang mungkin begitu. Besok (hari ini, Red) koordinasi,” pungkasnya. (tar/fud)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia